Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Tujuh Bulan Operasikan 8 Unit Hino RM 280, PO Transport Express Ngaku Puas Atas Unjuk Kinerjanya

PT Transport Express mengoperasikan 8 unit bus Hino RM 280 untuk trayek Padang-Jakarta-Bandung.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Tujuh Bulan Operasikan 8 Unit Hino RM 280, PO Transport Express Ngaku Puas Atas Unjuk Kinerjanya
dok. HMSI
Armada PO Transport Express (Tranex) bersasis Hino RM 280. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan transportasi bus antar kota PT Transport Express mengaku puas atas unjuk kinerja sasis Hino RM 280 yang mereka operasikan sejak sekitar tujuh bulan lalu di trayek antar kota antar provinsi (AKAP) jurusan Padang-Jakarta-Bandung pergi pulang.

Perusahaan yang mengibarkan bendera PO Transport Express ini merupakan perusahaan otobus pertama yang memakai sasis RM 280 di peremajaan armadanya.

"Sejauh ini kinerjanya cukup memuaskan terutama wide air suspension-nya yang menurut saya cocok untuk medan berkelok dan bergelombang seperti di Sumatera," ungkap Yoga Hendrico Putra, owner PO Transport Express (Tranex) dalam perbincangan dengan Tribunnews, sebelum tampil di talkshow Hino membahas unjuk kinerja sasis Hino RM 280 di booth Hino di pameran otomotif GIIAS 2023, Sabtu, 23 Agustus 2023.




Yoga mengatakan, saat ini perusahaannya mengoperasikan 8 unit Hino RM 280 dengan didukung mekanik yang sebelumnya telah mendapat pelatihan teknisi di Hino Purwakarta, Jawa Barat. Begitu juga dengan driver atau awak pengemudinya.

Sebanyak 2 unit sasis Hino RM 280 lainnya masih digarap di karoseri.

"Dibandingkan dengan merek sasis dari brand yang selama ini kami gunakan, karakter bus Hino RM 280 ini cukup berbeda dan pengemudi bus harus memahami itu saat mengemudi agar kinerjanya optimal," ungkap Yoga.

Soal spare parts, terutama untuk komponen fast moving (butuh penggantian cepat), dia menginginkan agar Hino bisa memberikan sistem konsinyasi di mana parts yang dibutuhkan bisa disediakan di bengkel perawatan busnya di Kota Padang, Sumatera Barat, agar operasional armadanya optimal.

Baca juga: Karoseri Laksana Luncurkan Bus Legacy SR3 Double Decker dan Tourista SR3 di GIIAS 2023

BERITA TERKAIT

Anton Nugroho, Head of GSO & Bus PT HMSI menjelaskan, sasis Hino RM 280 merupakan line up sasis Hino Bus terbaru dengan spesifikasi emisi gas buang Euro4. Keunggulan utamanya adalah wide air suspension untuk meningkatkan stabilitas kendaraan untuk kenyamanan penumpang.

Baca juga: HMSI Serah Terima Unit Bus Hino RM 280 ke PO Subur Jaya dan PO Efisiensi

Sasis bus ini juga mengadopsi konsep sasis space frame yang mendukung industri karoseri membangun bodi bus degan desain bagasi tembus pandang. dengan kapasitas volume sekitar 9.000 liter dan bagasi lebih luas.

Para pengusaha bus tidak perlu lagi melakukan modifikasi untuk memiliki bagasi tembus dari sisi kiri ke kanan.

Armada PO Transport Express (Tranex)
Armada PO Transport Express (Tranex) bersasis Hino RM 280.

“PO Transport Express di Sumatera Barat telah membuktikan ketangguhan dan ketahanan untuk rute Padang-Bandung, dengan jarak kurang lebih 3.000 km atau dalam 3 hari nonstop, dengan menggunakan HINO RM 280. Trayek ini merupakan rute yang cukup jauh (long haul). Dengan kondisi jalan perbukitan dan jalan yang berliku-liku," kata Santiko Wardoyo, COO - Director HMSI.

Baca juga: Mejeng di GIIAS 2023, Dua Bus Double Decker Mewah PO Harapan Jaya Siap Ramaikan Jalur AKAP

Di hari yang sama, Hino melakukan serah terima unit bus yang baru selesai dibangun bodinya di Karoseri Tentrem, Malang, kepada PO KYM Trans dan PO Harapan Jaya yang menggunakan sasis Hino RM 280.

Serah terima dilakukan oleh Santiko Wardoyo kepada Sugio Utomo, owner PO Harapan Jaya dan dan kepada Karwoto, owner PO KYM Trans. Kedua bus menggunakan body Avante H7 Priority dan Avante H8 AB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas