Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Vespa Elettrica Berpenggerak Baterai Bisa Ditemukan di GIIAS 2023, Harga Setara Wuling Air EV

Vespa Elettrica dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km per jam.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Vespa Elettrica Berpenggerak Baterai Bisa Ditemukan di GIIAS 2023, Harga Setara Wuling Air EV
Lita Febriani
Vespa Elettrica yang ditampilkan dan dijual di GIIAS 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Vespa pertama kali mengenalkan skuter listrik buatannya di Indonesia melalui ajang GIIAS 2023.

PT Piaggio Indonesia merilis Vespa Elettrica yang dirancang untuk berkendara dalam kota dengan kecepatan maksimum sekitar 67 km per jam.




Vespa Elettrica ditenagai oleh baterai lithium-ion modern, mirip dengan smartphone kelas atas. Daya jelajah Vespa Elettrica dapat menjangkau hingga 100 km dalam mode Eco, serta jarak maksimal 70 kilometer dalam mode Power, berkat fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya.

Baca juga: Harga Terbaru Vespa Matic Piaggio Juni 2023: Mulai Rp 44 Juta hingga Rp 160 Jutaan

Fitur ini juga memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara.

Selain itu, untuk mengisi daya secara optimal, pengguna cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak tutup bahan bakar dan menyambungkannya ke stop kontak langsung.

Konsumen juga bisa memasangkan kabel ke stasiun pengisi daya publik yang kini jumlahnya semakin bertambah di kota-kota besar.

BERITA TERKAIT

Waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah setidaknya 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian).

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm.

PT Piaggio Indonesia menawarkan Vespa Elettrica dengan harga sebesar Rp 198 juta. Motor ini masih diimpor langsung dari Itali. Harga ini tentu setara dengan mobil listrik Wuling Air EV.

"Pengenalan Vespa Elettrica merupakan kontribusi awal Piaggio Group terhadap green mobility yang diharapkan akan semakin relevan di tahun-tahun mendatang, termasuk juga untuk lanskap otomotif Indonesia," tutur Managing Director and Country CEO of PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega di GIIAS 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas