Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Electrum Siapkan Ekosistem Skuter Listrik H5, Sebanyak 500 Unit Beroperasi di Layanan GoRide

Electrum merilis sepeda motor listrik Electrum H5 dengan layanan penukaran baterai Battery Swap Station (BSS) dan infrastruktur digital di Jakarta.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Electrum Siapkan Ekosistem Skuter Listrik H5, Sebanyak 500 Unit Beroperasi di Layanan GoRide
Tribunnews/Choirul Arifin
Peluncuran skuter listrik Electrum H5 di Jakarta, Kamis, 9 November 2023. Sebanyak 500 unit Electrum H5 akan beroperasi di Jabodetabek untuk layanan GoRide. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Electrum merilis sepeda motor listrik Electrum H5 dengan layanan penukaran baterai Battery Swap Station (BSS) dan infrastruktur digital di Jakarta, Kamis (9/11/2023).

Skuter listrik ini belum akan dijual ke masyarakat luas. Di tahap awal sebanyak 500 unit Electrum H5 akan dioperasikan untuk layanan GoRide yang dikelola oleh induk perusahaan Electrum, Goto, di wilayah Jabodetabek dengan didukung 150-an lokasi BSS yang ditargetkan akan bisa direalisasikan hingga akhir tahun 2023 ini.

"Saat ini masih akan diuji coba ke mitra gojek dengan target 500 unit sampai akhir tahun 2023 dengan total BSS sebanyak 150 lokasi," kata Patrick Adhiatmadja, Managing Director Electrum.

Electrum H5 dioperasikan menggunakan baterai swap, dan driver GoRide hanya membayar biaya charging baterai berbasis jumlah daya listrik yang digunakan.

Desain H5 dirancang berdasarkan hasil uji coba komersial bersama Gojek, serta mempertimbangkan segala masukan dari para mitra Gojek. Performa, desain dan teknologi skuter listrik ini dirancang sesuai dengan kebutuhan mobilitas sehari-hari masyarakat Indonesia.

Skuter ini dilengkapi fitur Keyless Start untuk menyalakan motor.

BERITA TERKAIT

Electrum juga menyiapkan aplikasi ELMA yang menampilkan segala hal tentang skuter H5, monitoring kondisi baterai dan info lokasi Battery Swap Station (BSS) terdekat.

Electrum H5 bisa dipacu hingga jarak tempuh 120 kilometer dengan mengandanglkan 2 baterai lithium ion. Setiap unit skuter listrik ini bisa menggendong 2 buah baterai yang ditempatkan di bawah jok.

Akselerasinya dari 0-60 km/h bisa didapat hanya dalam 6 detik, dengan kecepatan maksimumnya mencapai 90 km/jam.

Rated power-nya diklaim mencapai 4kW pada 3.000 rpm dan torsi 30 Nm pada 1.600 rpm.

Setiap baterainya memiliki kapasitas 1,8 kWh.  Bagasi skuter ini berkapasitas 25 liter dan bisa menyimpan satu helm.

Port charger ditempatkan di laci bagian depan, serta dua USB Charger 10W guna memudahkan untuk mengisi daya smartphone selama perjalanan.

Skuter ini tersedia dalam warna hijau, biru dan metalik.

Perusahaan joint venture antara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) ini saat ini baru memiliki 40 lokasi BSS bekerja sama dengan minimarket, SPBU Pertamina dan bank.

CEO Electrum Jack Yang, perusahaannya akan fokus mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dan pencapaian yang diumumkan hari ini menjadi milestone perusahaannya untuk mendorong transisi ke energi bersih di Indonesia sekaligus membangun ekosistem motor listrik komprehensif di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas