Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Kepincut Mobil EV Tesla, Perusahaan AI Rilis Robotruck Mirip Cybertruck Seharga Rp 696 Juta

Ketenaran mobil listrik Cybertruck besutan pabrik Tesla, sukses menarik perhatian masyarakat dunia hingga perusahaan e-mobilitas

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kepincut Mobil EV Tesla, Perusahaan AI Rilis Robotruck Mirip Cybertruck Seharga Rp 696 Juta
Carscoope
Aitekx secara perdana memamerkan pikap terbarunya bernama RoboTruck 1T. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, CALIFORNIA - Ketenaran mobil listrik Cybertruck besutan pabrik Tesla, sukses menarik perhatian masyarakat dunia hingga perusahaan e-mobilitas AI Aitekx kepincut untuk merilis kendaraan kloningan dari Cybertruck.

Lewat laman resminya Aitekx secara perdana memamerkan pikap terbarunya bernama RoboTruck 1T. Secara desain pikap ini tampak mirip seperti mobil listrik Cybertruck, dimana RoboTruck 1T memiliki bodywork yang terpahat, pada bagian belakang bodi mobil RoboTruck juga dibuat mirip Cybertruck dengan menyematkan bak yang bisa dibuka tutup seperti atap rumah.

“Kami mendesain pintu tengah agar tampak seperti Cybertruck, pintu tengah RoboTruck memungkinkan untuk mengangkut barang sepanjang 9,5 kaki (2.896 mm) dengan pintu belakang tertutup. Namun apabila pintu tengah diturunkan dan pintu belakang terbuka, truk tersebut dapat mengangkut barang dengan panjang hingga 11,5 kaki (3,505 mm),” jelas juru bicara Aitekx

Baca juga: Tesla Model X Terbakar di Dalam Air, Netizen: Bukti Kobaran Api Mobil Listrik Susah Padam

Meski memiliki tampilan yang sangat mirip dengan mobil listrik Tesla Cybertruck , namun dari segi daya pacu mobil pikap buatan Aitekx masih belum bisa menandingi mobil listrik milik Elon Musk itu.

Aitekx RoboTruck 1T yang memiliki panjang 188-198 inci (4.775-5.029 mm) dan lebar bak 6,1 kaki (1.859 mm) hanya dibekali dengan pengaturan motor ganda serta penggerak roda belakang (AWD).

Berbanding jauh dengan Cybertruck yang menggunakan mesin daya pacu the all-wheel-drive trail motor.

BERITA TERKAIT

Meski begitu, pikap ini dapat berakselerasi dari 0-60 mph (0-96 km/jam) dalam waktu 3,5 detik dengan kecepatan maksimal 165 km per jam.

Bahkan yang tak kalah mencengangkan, RoboTruck 1T dapat melakukan manuver dengan daya tempuh hingga 550 mil (885 km) dalam sekali pengisian daya.

Dari segi harga, RoboTruck 1T dibanderol lebih murah ketimbang harga Cybertruck. Adapun harga yang ditawarkan Aitekx untuk satu pikap RoboTruck 1T dipatok mulai dari 45.000 dolar AS atau Rp 696 juta (satuan kurs Rp15.463,) untuk tipe standar.

Baca juga: Permintaan Tinggi, BMW Astra Kirimkan 350 Unit Mobil Listrik iX ke Konsumen Hingga Oktober 2023

Sementara untuk RoboTruck 1T HyperAIX Sports Signature AWD dijual dengan harga 99.000 dolar AS atau Rp 1.5 miliar, sebagaimana dikutip dari Carscoops.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas