Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Grup Dealer Mobil di China Gulung Tikar Akibat Pasar Kontraksi

Guangdong Yongao Investment Group atau grup dealer di China yang memiliki 80 gerai di seluruh provinsi selatan Guangdong mulai gulung tikar.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Grup Dealer Mobil di China Gulung Tikar Akibat Pasar Kontraksi
Carscoop
GAC Aion 

TRIBUNNEWS.COM - China menggeser Jepang sebagai negara dengan ekspor terbanyak di tahun 2023.

Meski jumlah mobil yang di ekspor dari China naik tajam pada tahun lalu, nyatanya hal ini berbeda dengan keadaan pasar domestiknya.

Menurut laporan Bloomberg, pasar otomotif dalam negeri China terus mengalami kontraksi.

Baca juga: Bos Toyota Yakin Mobil Listrik Cuma Bisa Kuasai 30 Persen Pasar Kendaraan di Masa Depan

Hal ini membuat Guangdong Yongao Investment Group atau grup dealer di China yang memiliki 80 gerai di seluruh provinsi selatan Guangdong mulai gulung tikar.

Guangdong Yongao mengoperasi berbagai dealer yang menjual merek Honda, Volvo dan GAC Aion Tiongkok, mulai minggu mereka memberitahukan pelanggan bahwa perusahaan telah bangkrut dan pesanan ditangguhkan.

Karyawan perusahaan berada dalam ketidakpastian, apakah mereka dapat menerima gaji, menurut National Business Daily Tiongkok.

Baca juga: Indonesia Didorong Punya SDM Unggul Bidang Transportasi Seperti China, Ini Alasannya

Dilansir dari Carscoops, para pengamat industri mengatakan tanda-tanda kebangkrutan perusahaan tersebut sudah ada sejak lama, dengan para karyawan yang tidak puas mengajukan keluhan kepada pemerintah Dongguan tentang pemotongan gaji sejak bulan April lalu.

BERITA TERKAIT

Tanda-tanda melemahnya pasar mobil di China sudah ada sejak lama. Penjualan tumbuh pesat antara tahun 2008 dan 2016, dengan puncak tertinggi penjualan berada di angka 24 juta unit.

Penjualan mobil di Tiongkok telah mengalami penurunan jauh sebelum Covid dan krisis chip mulai terjadi. Penjualan mengalami naik turun selama bertahun-tahun sejak itu, tetapi tren keseluruhannya adalah stagnasi. Tahun lalu masyarakat di Tiongkok menerima pengiriman 21,7 juta mobil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas