Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Pasar Melemah, Produsen Mobil Listrik AS PHK Ribuan Karyawan

Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS) Rivian mengumumkan untuk memangkas tenaga kerjanya sebesar 1 persen

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in Pasar Melemah, Produsen Mobil Listrik AS PHK Ribuan Karyawan
Fox Business/Michael Bro
Mobil listrik buatan Rivian Automotive Inc. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Produsen kendaraan listrik asal Amerika Serikat (AS) Rivian mengumumkan untuk memangkas tenaga kerjanya sebesar 1 persen, usai beberapa bulan sebelumnya memecat lebih dari 1.000 pekerja.

Rivian mengucapkan selamat tinggal kepada 10 persen karyawannya pada bulan Februari karena dampak lesunya pasar kendaraan listrik mulai terasa.

Baca juga: 840 Karyawan Produsen Kendaraan Listrik Rivian Kena PHK

Perusahaan juga memecat 20 orang dari departemen baterainya pada Desember lalu. Rivian setidaknya telah memecat sekitar 16.800 karyawan pada akhir tahun 2023.




"Kami terus berupaya untuk menyesuaikan skala bisnis dan memastikan keselarasan dengan prioritas kami. Ini adalah keputusan yang sulit, namun penting untuk mendukung tujuan kami mencapai margin kotor yang positif pada akhir tahun," tulis perusahaan dalam keterangannya, dikutip dari Carscoops Jumat (19/4/2024).

Baca juga: Mercedes Benz dan Rivian Sepakat Produksi 2 Model Van Listrik di Eropa

Staf yang bekerja pada produk dan bisnis kendaraan listrik komersial Rivian dilaporkan menanggung beban paling berat akibat PHK pada bulan Februari, namun PHK terbaru ini sebagian besar akan berdampak pada pekerja pendukung dan back-office.

Rivian bukan satu-satunya perusahaan kendaraan listrik yang terpaksa mengurangi jumlah karyawannya untuk memangkas biaya.

Awal pekan ini Tesla telah mengumumkan akan memangkas jumlah tenaga kerjanya sebesar 10 persen. Perlambatan terhadap permintaan kendaraan listrik juga sudah lebih dulu merugikan Fisker.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas