Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Diikuti 4 Karoseri Ternama, Menhub Resmi Buka Pameran Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo

Pameran Busworld Southeast Asia 2024 berlangsung selama 3 hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta, mulai 15-17 Mei 2024.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Diikuti 4 Karoseri Ternama, Menhub Resmi Buka Pameran Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo
Tribunnews/fin
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat membuka Pameran Busworld Southeast Asia 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi membuka pameran Busworld Southeast Asia 2024 yang berlangsung selama 3 hari di JIExpo Kemayoran, Jakarta, mulai hari ini, Rabu, 15 Mei 2024.

Pameran ini diikuti empat industri karoseri bus ternama yang membawa inovasi desain dan teknologi bus terbarunya, yakni Karoseri New Armada, Adi Putro, Laksana, dan Tentrem.

Dari luar negeri, pameran ini juga diikuti beberapa perusahaan bus ternama seperti Golden Dragon dan Yutong yang memperkenalkan lini bus listrik.

Karoseri Laksana dan Tentrem juga menampilkan bus listrik yang dirakit secara lokal di karoseri mereka.

Tak ketinggalan Busworld Southeast Asia 2024 juga diikuti ratusan perusahan komponen dan industri pendukung karoseri bus baik dari dalam maupun luar negeri.

Budi Karya Sumadi menyatakan mendukung penyelenggaraan pameran ini sejalan dengan upaya pemerintah mendorong sektor transportasi menjadi lebih baik lagi, terutama terkait dengan upaya menekan emisi gas buang kendaraan di kota-kota besar.

"Ada 81 bus listrik saat ini dan ini tujuannya baik untuk mengurangi polusi dan ke depan semua kota besar harus operasikan bus listrik. Pengoperasian bus listrik seperti di Jakarta membuat udara lebih bersih. Silakan MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) dan asoiasi melakukan campaign ini di kota kota besar," kata Budi Karya Sumadi.

BERITA TERKAIT

"Tadi saya tanya-tanya, memang masih ada disparitas harga bus listrik dan bus biasa, silakan melakukan inovasi agar tercapai titik ekuilibrium," imbuhnya.

Baca juga: Karoseri Tentrem Bawa Avante H8 Grand Captain ke Busworld Southeast Asia 2024, Bagasinya Unik!

Jimmy Tenacious, Ketua Umum Asosiasi Industri Karoseri Indonesia (Askarindo) mengatakan, di penyelenggaraan Busworld Southeastasia 2024 ketiga kalinya ini partisipasi anggota Askarindo meningkat dibanding event sebelumnya.

"Di event pertama di 2019 baru dua anggota kami, sekarang, ada 4 anggota kami yang berpartisipasi," ungkapnya.

Jimmy mengatakan, pameran ini memiliki peran strategis bagi industri karosri untuk memamerkn perkembangan inovasi desain dan teknologi terbaru mereka sekaligus menjalin relasi dengan mitra bisnis baru sekligus mendukung perkembangan infrastruktur di Tanah Air.

Baca juga: Pameran Bergengsi Busworld Southeast Asia 2024 Siap Digelar Mei Ini di Jakarta

"Di event ini kami berharap peran serta pemerintah mendukung industri karoseri dalam negeri khususnya anggota Askarindo," kata dia.

Baki Lee, Direktur PT GEM, penyelenggara Busworld Southeast Asia 2024 mengatakan, selain menampilkan inovasi desain dan teknologi terbaru industri karoseri serta industri pendukungnya, event ini juga akan menghadirkan berbagai program unggulan, seperti Company Pitch Program dan Busworld Conference 2024.

"Company Pitch Program merupakan terobosan terbaru dari Busworld Southeast Asia yang mana akan mempertemukan supplier pendukung komponen bius dengan manufaktur, bodybuilder dan pemangku kebijakan," ujarnya.

Busworld Conference 2024 juga akan menjadi wadah bagi para ahli transportasi khususnya bis untuk dapat berbagi informasi, sharing knowledge, update teknologi dan menambah networking.

Pameran Busworld Southeast Asia 2024 berlangsung pada 15 - 17 Mei 2024 di JIExpo Kemayoran
Jakarta dan diproyeksikan dihadiri 20.000 pengunjung yang terdiri dari para pebisnis dari dalam maupun
luar negeri seperti operator bus, agen perjalanan dan lain-lain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas