Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Truk Sampah Tanpa Supir Milik Mitsubishi Fuso Berhasil Diuji Coba

Mitsubishi Fuso berhasil melakukan uji coba truk sampah tanpa supir atau yang sudah dilengkapi teknologi otonom di Kota Kawasaki, Jepang

Penulis: Lita Febriani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Truk Sampah Tanpa Supir Milik Mitsubishi Fuso Berhasil Diuji Coba
Carscoops
Mitsubishi Fuso berhasil melakukan uji coba truk sampah tanpa supir atau yang sudah dilengkapi teknologi otonom di Kota Kawasaki, Jepang, pada November 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - Mitsubishi Fuso berhasil melakukan uji coba truk sampah tanpa supir atau yang sudah dilengkapi teknologi otonom di Kota Kawasaki, Jepang, pada November 2023.

Diberi nama Mitsubishi Fuso eCanter Sensor Collect, mampu menjadi truk sampah yang menangani semua jenis skenario penggunaan sambil mengikuti pengemudi yang berjalan kaki dan waspada terhadap lingkungan sekitarnya.




Truk tersebut memiliki beberapa sensor kamera di depan dan belakang yang berfungsi ganda sebagai kaca spion.

Baca juga: Xiaomi Mulai Bangun Pabrik Mobil Listrik Kedua di Beijing

Saat pengemudi meninggalkan tempat duduknya dan mulai berjalan, kendaraan akan mengunci mereka sebagai target dan mengikuti jejaknya dengan perlahan.

Truk listrik otonom ini juga dapat berhenti di titik pengumpulan sampah yang diinginkan, atau tempat yang ditentukan oleh operator.

Hal ini secara signifikan mengurangi beban kerja, karena petugas sampah tidak harus terus-menerus keluar masuk kendaraan.

BERITA TERKAIT

Menariknya, truk ini juga bisa dioperasikan dari jarak jauh. Selama pengoperasian jarak jauh, kamera mendeteksi rintangan dan pengguna jalan lainnya. Misalnya, ketika pejalan kaki berjalan di depan truk yang sedang melaju, sistem akan secara otomatis menginjak rem untuk menghindari tabrakan.

Demikian pula, jika ada kendaraan lain yang diparkir di sepanjang rute tersebut, truk akan melakukan manuver untuk menghindarinya dan terus mengikuti pengemudinya.

Fitur lainnya adalah sistem berbagi informasi sampah yang mendeteksi berat dan volume sampah yang dimuat ke dalam kendaraan, serta jumlah sampah yang dibuang ke dalamnya.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota Sumbang 25 Persen Total SPK di GIIAS 2024

Informasi ini dibagikan ke fasilitas pusat secara online, sehingga membantu meningkatkan efisiensi, dilansir dari Carscoops.

Tujuan dari program Pusat Sanitasi Lingkungan Jepang (JESC), adalah untuk menemukan cara mengurangi emisi CO2 dari operasi pengumpulan sampah, sekaligus meningkatkan efisiensi kerja.

Mitsubishi Fuso akan melanjutkan demonstrasi sepanjang tahun 2024, berkontribusi pada pengembangan truk EV generasi berikutnya.

Mitsubishi Fuso eCanter Sensor Collect dilengkapi dengan ADAS Level 2, yang umum ditemukan pada sebagian besar kendaraan produksi baru.

Mitsubishi Fuso membuat konsep eCanter Sensor Collect pertama pada tahun 2020. Model ini menggunakan truk listrik eCanter yang dilengkapi baterai lithium-ion dan berat kotor kendaraan 6,4 ton.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas