Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

JTD Eco Journey, Kinerja Mesin Hybrid Toyota Tembus 29,4 Km Per-liter

Toyota Astra Motor (TAM) menggelar Journalist Test Drive (JTD) Eco Journey Jakarta-Semarang-Solo-Yogyakarta, sejak 26-28 Agustus 2024.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Sanusi
zoom-in JTD Eco Journey, Kinerja Mesin Hybrid Toyota Tembus 29,4 Km Per-liter
Lita Febriani/Tribunnews.com
Toyota Astra Motor (TAM) menggelar Journalist Test Drive (JTD) Eco Journey Jakarta - Semarang - Solo - Yogyakarta, sejak 26-28 Agustus 2024. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) menggelar Journalist Test Drive (JTD) Eco Journey Jakarta-Semarang-Solo-Yogyakarta, sejak 26-28 Agustus 2024.

Dalam kegiatan ini, Toyota menggunakan 12 unit Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan satu unit Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) untuk dijajal secara khusus para perwakilan media.




Perjalanan dimulai dari Jakarta. Dimana Toyota membagi setiap kendaraan untuk ditumpangi oleh empat orang jurnalis, yang terdiri dari 4 unit All New Yaris Cross HEV, 3 unit All New Kijang Innova Zenix Q HEV, 1 unit All New Kijang Innova Zenix V HEV, 1 unit All New Alphard HEV, 1 unit All New Vellfire HEV, 1 unit All New RAV4 GR Sport PHEV dan 1 unit All New Prius HEV.

Baca juga: Toyota Berharap RI Tiru Thailand Beri Insentif ke Produsen Otomotif yang Produksi Kendaraan Hybrid

Dari Jakarta, tujuan pertama adalah Kampung Kecil di Cirebon, Jawa Barat. Dengan menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, tim Tribunnews.com memacu kendaraan dengan kecepatan 100 km/jam dan memakai mode Eco.

Konsumsi bahan bakar Zenix Hybrid cukup 18 km/liter. Jalanan yang diambil melalui Jalan Tol MBZ hingga Cikampek-Palimanan, yang identik dengan rute jalanan lurus.

Sebagai JTD dengan emisi terendah, penggunaan Mode EV yang didukung baterai hybrid berkapasitas besar dan pengisian cepat, menambah emisi jauh lebih berkurang.

Baca juga: Toyota Fokus Bangun Ekosistem Elektrifikasi, Stasiun Isi Daya Sudah Tersebar di 116 Wilayah

BERITA TERKAIT

Berkat Toyota Hybrid System (THS) versi terbaru membuat mobil ini mampu menjaga efisiensi mesin di taraf yang paling memuaskan.

Berkat kabin yang luas dan captain seat pada baris kedua, perjalanan cukup nyaman dan mampu mengakomodir kebutuhan penumpang yang membawa barang bawaan cukup banyak.

Suspensi pada Kijang Innova Zenix Hybrid juga mampu meredam berbagai getaran yang diciptakan saat mobil melaju di kecepatan 100 km/jam.

Sementara itu, tim yang menggunakan All New Prius HEV dari Jakarta ke Cirebon berhasil mencatat konsumsi bahan bakar paling irit sekitar 29,4 km/liter.

Baca juga: Toyota Santai Jualan Prius Hybrid, Dealer Diminta Tak Terima Pesanan Banyak, Kenapa?

Menurut catatan Toyota, dengan jarak berkendara sekitar 215 km dari Jakarta menuju Cirebon dan jarak sekitar 225 km dari Cirebon menuju Semarang gabungan dari 12 unit yang dibawa ini berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak lebih dari 41 kg CO2 jika dibandingkan dengan mobil bensin konvensional.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, mengatakan Toyota telah menghadirkan Hybrid EV sejak tahun 2009. HEV Toyota dapat diterima dengan baik karena sesuai ekosistem, ketersediaan infrastruktur dan kebiasaan berkendara masyarakat.

"Posisi All New Kijang Innova Zenix HEV sebagai pemuncak sales kendaraan elektrifikasi di Indonesia, merupakan bukti nyata atas tingginya penerimaan pelanggan. Supaya dapat memberikan informasi lebih komprehensif terkait Hybrid EV Toyota, serta membuktikan keandalannya di medan jalan yang beragam, kami mengajak para jurnalis nasional untuk merasakan langsung kinerjanya dalam journalist test drive kolosal ini," tutur Anton dalam JTD Eco Journey, Yogyakarta, Rabu (29/8/2024).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas