Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

BAIC Bakal Produksi Mobil di Jawa Barat Mulai Maret 2025

Meski pada tahap awal BAIC hanya menggunakan satu line, tidak menutup kemungkinan jika volume penjualan bertambah line produksi juga mengikuti.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in BAIC Bakal Produksi Mobil di Jawa Barat Mulai Maret 2025
Lita Febriani
Kunjungan CEO BAIC Indonesia Jonathan Salim dan COO BAIC Indonesia Dhany Yahya (kanan) ke kantor Tribunnews.com, Palmerah, Jakarta, Selasa (24/9/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - BAIC bukan hanya akan berjualan mobil di Indonesia. Raksasa otomotif China tersebut telah berkomitmen untuk membuat mobilnya secara langsung di sini.

Melalui PT JHL Internasional Otomotif (JIO) perusahaan kabarnya akan menggunakan fasilitas manufaktur milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang terletak di Jawa Barat.

BAIC Indonesia akan menempati 1 line produksi yang ditargetkan mulai berproduksi pada Maret 2025, dengan model BJ40 Plus yang jadi mobil lokal pertama mereka.

Baca juga: BAIC Raup SPK 236 Unit di GIIAS 2024, BJ40 Plus Mendominasi

Chief Operating Officer PT JIO Distribusi Indonesia (JDI) Dhani Yahya, menyampaikan pihaknya akan menggunakan satu line di fasilitas baru milik HIM tersebut.

"Kita akan mulai produksi Maret 2025. Yang kita sewa di situ satu line yang kapasitasnya sampai 800 unit per-bulan," tutur Dhani dalam kunjungannya ke Kantor Redaksi Tribunnews.com, Palmerah, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Meski pada tahap awal BAIC hanya menggunakan satu line, tidak menutup kemungkinan jika volume penjualan bertambah line produksi juga mengikuti.

BERITA TERKAIT

"Kita nanti ada target volume, jadi kita mungkin masih bisa barengan dengan Handal untuk beberapa tahun ke depan," imbuh Dhani.

BAIC sendiri juga akan mengembangkan fasilitas produksi sendiri, namun hal tersebut masih akan membutuhkan beberapa tahun ke depan.

"Kita inisiatif untuk investment-nya, mungkin nanti di future apakah jadi venture dengan mereka (HIM) atau tidak. Tapi kita sudah punya rencana juga untuk bisa berinvestasi walaupun kita local company," jelas Dhani.

Dengan memulai produksi lokal BAIC BJ40 Plus di tahun 2025, selanjutnya perusahaan juga akan mendatangkan BJ30 hingga memproduksinya di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas