Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Honda Tarik 1,7 Juta Kendaraan, Masalah Steering Gearbox Jadi Pemicunya

Selama recall berlangsung, dealer nantinya akan mengganti pegas roda gigi yang aus dan menambahkan gemuk jika diperlukan.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Honda Tarik 1,7 Juta Kendaraan, Masalah Steering Gearbox Jadi Pemicunya
HO
Honda menarik kembali (recall) 1,7 kendaraan di Amerika Serikat (AS). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON – Raksasa otomotif kondang, Honda Motor Co mengatakan pihaknya menarik kembali (recall) 1,7 kendaraan di Amerika Serikat (AS) karena adanya masalah pada bagian sistem kemudi yang disebut Steering Gearbox.

Pengumuman ini diungkap langsung Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA), dalam keterangan resminya NHTSA menyebutkan bahwa kotak kemudi (steering gearbox) pada kendaraan yang diproduksi Honda mengalami masalah.

NHTSA mengatakan tahun lalu pihaknya telah menerima laporan 13 kecelakaan terkait masalah tersebut, termasuk 11 pengemudi yang mengatakan mereka kehilangan kendali karena tidak mampu mengatasi peningkatan upaya kemudi sesaat sebelum kendaraan mereka meninggalkan jalan.

Ini terjadi karena kendaraan Honda kemungkinan diproduksi secara tidak benar, alasan tersebut yang menyebabkan gesekan internal berlebihan dan menyulitkan kemudi, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan bagi pengguna.

Baca juga: Software ECU Corolla Cross Hybrid Bermasalah, Toyota Recall Puluhan Ribu Unit

“Rakitan kotak roda kemudi kemungkinan besar diproduksi secara tidak benar, yang dapat menimbulkan gesekan internal berlebihan dan mengakibatkan kesulitan saat mengemudikan kendaraan, kata NHTSA, dilansir Channel News Asia.

Tak dijelaskan kapan jutaan mobil akan mulai ditarik dari pasaran AS, namun selama recall berlangsung Dealer nantinya akan mengganti pegas roda gigi yang aus dan menambahkan gemuk jika diperlukan.

BERITA REKOMENDASI

Sejauh ini ada sejumlah jenis kendaraan yang kemungkinan besar akan tarik dari pasar AS, diantaranya beberapa model terkenal dari produsen mobil Jepang, seperti Civic Type R, Acura Integra, dan CR-V dari tahun model 2022 hingga 2025.

“Pengemudi memberi tahu NHTSA tentang masalah kemudi lengket yang sebagian besar terjadi pada kecepatan jalan raya setelah mengemudi selama jangka waktu tertentu,” jelas NHTSA.

Penarikan seperti ini bukan kali pertama yang dilakukan Honda, sebelumnya pada awal Februari kemarin Honda Motor Co sempat menarik kembali 750.000 kendaraan di Amerika Serikat karena cacat kantung udara akibat sensor berat kursi penumpang depan yang retak dan mengalami korsleting.

Imbas masalah tersebut kendaraan Honda gagal menekan kantung udara sebagaimana mestinya sengaja saat terjadi kecelakaan. 

Adapun daftar kendaraan yang ditarik diantaranya mencakup kendaraan Honda Pilot, Accord, dan Civic tertentu dari model tahun 2020-2022, serta beberapa kendaraan Honda CR-V dan Passport dari model tahun 2020 dan 2021.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas