Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Hyundai, Industri Otomotif Pertama yang Rancang Sistem Otomatis untuk Cetakan Tekan Kendaraan

Hyundai menyatakan telah menstandardisasi dokumen teknis dan kondisi desain untuk desain cetakan ke dalam satu sistem.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Hyundai, Industri Otomotif Pertama yang Rancang Sistem Otomatis untuk Cetakan Tekan Kendaraan
dok. Hyundai/Yonhap
Karyawan Hyundai sedang memeriksa desain kendaraan melalui sistem desain cetakan tekan kendaraan otomatis yang baru dikembangkan oleh Hyundai Motor Group.  

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Hyundai Motor Group berhasil mengembangkan sistem otomatis pertama di dunia untuk merancang cetakan tekan kendaraan yang memungkinkan pengurangan drastis waktu yang dibutuhkan untuk membuat desain sekaligus meningkatkan kualitas produksi mobil.

Cetakan tekan adalah alat yang digunakan untuk memproduksi bagian luar kendaraan, seperti batang dan kap mesin, dan setiap bagian memerlukan tiga hingga lima proses pengepresan, dengan cetakan berbeda yang digunakan untuk setiap tahapannya.

Hyundai menyatakan telah menstandardisasi dokumen teknis dan kondisi desain untuk desain cetakan dan mengintegrasikan proses desain yang sebelumnya tersebar ke dalam satu sistem.

Sistem ini memungkinkan desainer untuk dengan mudah memasukkan nilai yang diperlukan langkah demi langkah ke dalam sistem, yang kemudian secara otomatis menghasilkan cetak biru desain optimal untuk cetakan tekan.

Hyundai mengatakan, waktu desain cetakan dapat dikurangi lebih dari 75 persen dengan ditemukannya teknologi otomatis untuk cetakan tekan kendaraan ini.

Teknologi ini juga bisa meminimalisir kesalahan desain, sehingga menghasilkan peningkatan kualitas di setiap produksi kendaraan.

Baca juga: Hyundai Rayakan Produksi Mobil ke-100 Juta Unit

Hyundai Motor dan Kia telah menerapkan sebagian sistem ini sejak tahun 2020, dan mereka baru saja menyelesaikan pengembangan sistem yang dapat digunakan untuk desain cetakan di semua operasi pengepresan.

BERITA REKOMENDASI

Sumber: Yonhap

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas