Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Honda CR-V Hybrid Berisiko Terbakar, Pemicunya di Komponen Baterai Lithium-Ion

Honda CR-V Hybrid memiliki potensi terbakar setelah identifikasi pada paket baterai lithium-ion yang dilakukan Badan Keselamatan Jalan Raya AS.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Honda CR-V Hybrid Berisiko Terbakar, Pemicunya di Komponen Baterai Lithium-Ion
Car and Driver
Honda HR-V Hybrid. 

 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani 

 

TRIBUNNEWS.COM - Honda CR-V Hybrid memiliki potensi terbakar setelah identifikasi pada paket baterai lithium-ion yang dilakukan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Badan Keselamatan Jalan Raya Amerika Serikat.

Risiko tersebut diakibatkan oleh komponen terminal negatif di dalam kemasan baterai yang diproduksi dengan ketebalan sisa pelapis tembaga yang tidak sesuai spesifikasi.

Cacat produksi ini dapat menyebabkan pelapis retak, yang dapat mengekspos aluminium di bawahnya. Saat aluminium berinteraksi dengan elektrolit baterai, aluminium dapat membentuk paduan yang membahayakan integritas sel baterai.

Dalam skenario terburuk, hal ini dapat menyebabkan terminal atau busbar di dalam baterai rusak. Jika kerusakan terjadi saat baterai diberi energi, akan ada kemungkinan percikan api yang berisiko kebakaran.

BERITA REKOMENDASI

Melansir Carscoop, baterai lithium-ion yang dimaksud dipasok oleh Panasonic, pemain utama dalam industri baterai.

Secara total, setidaknya ada 98 Honda CR-V Hybrid 2023, model yang berpotensi terbakar ini diproduksi antara 6 Oktober 2022 dan 24 Januari 2023.

Panasonic kabarnya telah memberi tahu Honda tentang masalah tersebut pada pertengahan Januari 2023 ketika menemukan kebocoran sel baterai selama inspeksi.

Baca juga: Gara-gara Mercedes-Benz EQE Meledak, Pemilik EV di Seoul Tak Boleh Isi Baterai di Atas 90 Persen

Awal tahun ini, Panasonic memberi tahu Honda bahwa terminalnya dapat pecah dan kebocoran dapat menyebabkan busbar terputus.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas