Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Benarkah Unpad Pasang Tarif Kedokteran Jalur Mandiri Rp 250 Juta? Ini Penjelasan Sang Rektor

Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti, mengatakan kehadiran jalur seleksi mandiri ini bukan lagi hal baru karena telah dilaksanakan oleh semua

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Benarkah Unpad Pasang Tarif Kedokteran Jalur Mandiri Rp 250 Juta? Ini Penjelasan Sang Rektor
Hilda Rubiah/Tribun Jabar
Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Arry Bainus, saat konferensi pers di gedung Rektorat Unpad Dipati Ukur No 34 kota Bandung, Sabtu (1/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Sekian lama tak menyelenggarakan seleksi mandiri, kini Universitas Padjadjaran (Unpad) kembali membuka jalur seleksi tersebut untuk tahun akademik 2019/2020.

Hal itu diungkapkan Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti SE MSIE didampingi Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr Arry Bainus, saat konferensi pers di gedung Rektorat Unpad Dipati Ukur No 34 kota Bandung, Sabtu (1/6/2019).

Rektor Unpad Prof Dr Rina Indiastuti, mengatakan kehadiran jalur seleksi mandiri ini bukan lagi hal baru karena telah dilaksanakan oleh semua perguruan tinggi.

Sebagaimana dilandaskan kepada aturan pemerintah, yakni UU No 12 Tahun 2012, serta peraturan Kemenristekdikti No 60 tahun 2018, disebutkan bahwa seleksi masuk S1 PTN ada tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Baca: Beto Akan Duet dengan Dedik di Timnas Indonesia Saat Hadapi Yordania

Baca: Live Streaming Tottenham vs Liverpool Final Liga Champions via Vidio Premier, Malam Ini Tonton di HP

Baca: Geger, Macan Kumbang Kelaparan dan Terkam Warga di Subang

Baca: LIVE: Jenazah Ani Yudhoyono Tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, SBY Turut Serta di Hercules

Dalam hal ini sasaran utama pihaknya membuka tiga jalur tersebut karena ingin lebih menjaring calon mahasiswa dengan input terbaik.

"Pembukaan tiga jalur ini, semata lebih dari karena kami ingin memiliki calon mahasiswa dengan terbaik," ujarnya.

Oleh karena itu sebagaimana telah diketahui, tahun ini Unpad membuka tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Ujian Mandiri Unpad (SMUP).

BERITA REKOMENDASI

Adapun daya tampung yang disediakan SNMPTN 24,4%, SBMPTN 52,7% dan Seleksi Mandiri ini 22,9%, dari kuota daya tampung tiap program studi.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr Arry Bainus, mengatakan dalam seleksi ujian mandiri tersebut Unpad akan menyelenggarakan penyeleksian UTBK berbeda dengan UTBK Nasional.

"SMUP dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK negeri maupun swasta lulusan Tahun 2019, 2018, 2017 hingga 2016," ujarnya.

Dijelaskan Arry, kebijakan tersebut terkait pengembangan model dan proses seleksi untuk menjaring calon mahasiswa terbaik yang berstandar nasional dan mengacu pada prinsip adil, transparan, fleksibel, eflsien, akuntabel serta sesuai perkembangan teknologi informasi di era digital.

Pendaftaran melalui jalur SMUP ini dibuka secara daring pada laman http://smup.unpad.ac.id.

Pendaftaran telah dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 17-30 Juni 2019, dibagi menjadi dua kelompok ujian yajtu Sains dan Teknologi (Saintek) dan Sosiohumaniora (Soshum) di mana setiap peserta dapat memilih 2 (dua) program studi per kelompok ujian.

Sebagai seleksi tahap pertama, Unpad akan menyelenggarakan tes UTBK mandiri berbasis Android melalui Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tcs Potensi Skolastik (TPS) .

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas