Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kisah 3 Remaja Indonesia Raih Outstanding Recipients Beasiswa Girls In Tech dari New Zealand

Program beasiswa Girls In Tech selama tiga bulan yang sudah berjalan sejak Desember tahun lalu, akhirnya tuntas pada April 2021.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kisah 3 Remaja Indonesia Raih Outstanding Recipients Beasiswa Girls In Tech dari New Zealand
IST
Mini workshop Tech Talks Vol. 1,2 dan 3 

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

TRIBUNNEWS.COM - Program beasiswa Girls In Tech selama tiga bulan yang sudah berjalan sejak Desember tahun lalu, akhirnya tuntas pada April 2021.

Sebagai hasil akhir, program yang diinisiasi GIT Indonesia, Education New Zealand, dan Hacktiv8, mengumumkan tiga outstanding recipients atau penerima beasiswa dengan hasil yang memuaskan, yakni Nurulita Aida Rahmasari, Riza Tri Wulaningrum, dan Linda Oktavianty, dari total 18 perempuan penerima beasiswa.

Tiga perempuan tersebut dan penerima beasiswa lainnya membagikan pengalaman belajar mereka di 'Tech Talks Vol. 1,2 dan 3’, rangkaian presentasi ditampilkan dengan gaya Pecha Kucha, dan disiarkan langsung pada 24, 25 April, dan 1 Mei 2021 melalui zoom.

Tech Talks merupakan mini-workshop pasca-program dalam bentuk webinar dimana para peserta beasiswa berbagi perjalanannya dalam menyelesaikan program beasiswa.

Tujuan mini-workshop adalah untuk menciptakan kesadaran dan lebih menginspirasi perempuan lainnya untuk bergabung dengan program Girls in Tech lainnya yang akan datang.

Baca juga: Kompetisi Technovation Girls Challenge Ajak Siswi SMA Bangun Aplikasi Seluler

Selama mengikuti program, para penerima beasiswa belajar program Pengembangan Profesional dari Hacktiv8 sesuai dengan minat masing-masing. Nurulita, Riza, Linda, dan perempuan lainnya belajar tiga program berbeda, yaitu; Introduction to Python, Front-end development, dan Introduction to Programming.

Baca juga: Intip Persahabatan Kahiyang Ayu dengan Irene Girlsquad yang Dekat Sejak Lama dan Selalu Kompak

BERITA TERKAIT

Program Hacktiv8 sendiri memang dirancang untuk semua orang, dengan atau tanpa latar belakang teknologi.

Kurikulum dalam program-program yang dihadirkan didesain khusus agar sesuai dengan kebutuhan industri saat ini dengan materi pembelajaran yang mudah diimplementasikan.

Baca juga: Berkat Aplikasi di PlayStore, Kolaborasi Anak Muda Ini Lolos Program Akselerasi StartUp Mahasiswa

Selain itu, para peserta juga diberikan berbagai fasilitas seperti 1-on-1 mentoring dan career coaching untuk menunjang karirnya setelah menyelesaikan program.

Para peserta merasa tidak ada kendala berarti selama program berlangsung.

Riza, salah satu penerima beasiswa dari Magelang yang mengikuti program Introduction of Programming.

“Bagi saya, yang tidak memiliki latar belakang coding, instruktur menyampaikan materi pembelajaran dengan jelas dan ringkas. Memiliki mentor membuat segalanya menjadi mudah. Saya menemukan bidang itu sangat menarik.”

Momen paling menambah ketertarikannya pada bidang ini adalah ketika dia diberikan soal latihan dan studi kasus, belajar logika untuk menyelesaikan suatu kasus .

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas