Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Mengenal Lapisan Atmosfer Bumi, Lengkap Beserta Fungsinya

Berikut urutan Lapisan Atmosfer berdasarkan pada perbedaan temperatur, jenis dan kondisi gas, lengkap beserta fungsi Atmosfer.

Mengenal Lapisan Atmosfer Bumi, Lengkap Beserta Fungsinya
Pexels.com
Ilustrasi Bumi dari luar angkasa. Ini pembahasan mengenai Lapisan Atmosfer berdasarkan pada perbedaan temperatur, jenis dan kondisi gas, lengkap beserta fungsinya. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini pembahasan mengenai lapisan atmosfer bumi lengkap beserta fungsinya.

Atmosfer merupakan gas selimut yang dapat membungkus atau melindungi suatu planet.

Dikutip dari gramedia.com, atmosfer pada suatu planet berbeda-beda, dan bumi memiliki atmosfer dengan ketebalan mencapai sekitar 1000 km dari permukaan bumi.

Atmosfer menyelimuti planet menggunakan berbagai lapisan yang sangat tebal, bahkan jika dihitung jaraknya mencapai ribuan kilometer dari planet tertentu hingga sampai ke luar angkasa.

Baca juga: 8 Planet dalam Tata Surya! Simak Penjelasan, Ciri Ciri dan Karakteristiknya

Baca juga: Macam-macam Planet Lengkap dengan Ciri-cirinya: dari Merkurius hingga Neptunus

Fungsi Atmosfer

1. Atmosfer berfungsi sebagai pelindung bumi dari berbagai benda asing luar angkasa yang dapat jatuh ke bumi dikarenakan terkena gaya gravitasi bumi.

2. Atmosfer berfungsi sebagai pelindung bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet yang kemudian akan membahayakan kehidupan makhluk hidup yang berada di bumi dengan berbagai lapisan ozon.

3. Atmosfer mengandung berbagai gas yang akan sangat diperlukan manusia, hewan dan tumbuhan untuk bernafas juga untuk kebutuhan makanan lainnya seperti nitrogen, karbon dioksida, oksigen, dan lain sebagainya.

4. Atmosfer berfungsi sebagai pengatur cuaca yang kemudian akan mempengaruhi salju, hujan, angin, badai, topan, hingga awan.

Selain itu, lapisan Atmosfer dibagi menjadi beberapa urutan berdasarkan pada perbedaan temperatur, jenis dan kondisi gas di atmosfer.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas