Tribun

Materi Sekolah

Apa Itu Globalisasi? Simak Pengertian, Proses, dan Dampak Globalisasi

Simak materi sekolah mengenai apa itu Globalisasi, lengkap beserta proses, dampak yang terjadi akibat Globalisasi, dan manfaat Globalisasi.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Apa Itu Globalisasi? Simak Pengertian, Proses, dan Dampak Globalisasi
freepik.com/pch.vector
Ilustrasi globalisasi - Inilah pembahasan mengenai apa itu Globalisasi, lengkap beserta proses, dampak yang terjadi, dan manfaat Globalisasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini penjelasan mengenai apa itu globalisasi, lengkap beserta proses dan dampak yang terjadi akibat globalisasi.

Dilansir Wikipedia, globalisasi diambil dari kata global, yang maknanya adalah universal.

Achmad Suparman mengatakan globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

Sementara itu, dikutip dari gramedia.com, Selo Soemardjan berpendapat, globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah baru yang sama.

Baca juga: Dampak Globalisasi bagi Perubahan Perilaku Masyarakat Indonesia

Baca juga: Modernisasi dan Globalisasi: Pengertian, Perbedaan, Dampak Positif dan Negatif

Globalisasi juga bisa disebut sebagai proses integrasi internasional yang terjadi karena adanya pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya.

Adanya kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.

Proses globalisasi

Globalisasi tidak terjadi begitu saja, tetapi globalisasi terjadi dengan melalui banyak proses.

Lantas, apa saja proses terjadinya globalisasi?

Masih dikutip dari gramedia.com, globalisasi muncul karena adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan adanya akal yang dimiliki manusia membuat ilmu pengetahuan terus mengalami kemajuan.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas