Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Halaman 167: Masa Awal Kemerdekaan

Berikut kunci jawaban soal dalam buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 167 tentang awal kemerdekaan hingga mengapa sekutu kembali ke Indonesia.

Penulis: Isti Prasetya
Editor: Daryono
zoom-in Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2 Halaman 167: Masa Awal Kemerdekaan
Tangkapan Layar Buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Semester 2
Berikut kunci jawaban soal dalam buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 167 tentang awal kemerdekaan hingga mengapa sekutu kembali ke Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut kunci jawaban Sejarah Indonesia kelas 11 semester 2 halaman 167.

Pada Buku Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 167 terdapat soal tentang awal kemerdekaan.

Jawaban dari soal tersebut akan dibahas di bawah ini, tetapi ada baiknya siswa tidak menjadikan artikel ini sebagai acuan.

Siswa lebih baik mencoba menjawab sendiri terlebih dahulu dengan bantuan orangtua.

Kunci jawaban soal Sejarah Indonesia kelas 11 halaman 167 semester 2:

1. Tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan, Sekutu datang ke Indonesia. Mengapa Sekutu datang ke Indonesia? Jelaskan alasanmu!

Jawaban:

BERITA REKOMENDASI

Sekutu kembali datang ke Indonesia tidak lama setelah proklamasi kemerdekaan. Hal itu terjadi karena kosongnya pemerintahan Indonesia atau masa vacuum of power. Jadi niat Belanda yakni kembali berkuasa sebelum Jepang datang merebut.

Sementara bagi Sekutu, setelah Perang Dunia II berakhir, maka negara-negara bekas jajahan Jepang merupakan tanggung jawab Sekutu. Mereka bertanggung jawab untuk perlucutan senjata tentara Jepang, memulangkan tentara Jepang dan melakukan normalisasi kondisi bekas jajahan Jepang.

2. Berbagai pertempuran terjadi di berbagai daerah dalam menentang Sekutu yang datang ke Indonesia. Mengapa rakyat Indonesia melakukan perlawanan terhadap Sekutu?

Jawaban:

Indonesia tidak tinggal diam saat Sekutu datang ke Indonesia. Berbagai pertempuran terjadi karena Belanda mencoba merebut kekuasaan dari pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Soekarno Hatta. Rakyat Indonesia tentu tidak ingin dijajah kembali oleh Belanda sehingga pertempuran terjadi di berbagai daerah.

3. Di antara berbagai perjuangan rakyat Indonesia di berbagai daerah dalam rangka melawan Sekutu dan Belanda pada bacaan di atas, pertempuran mana yang menurutmu paling menarik? Jelaskan latar belakang dan proses terjadinya pertempuran tersebut!

Pertempuran yang menurut saya paling menarik adalah peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi pada 23 Maret 1946. Munculnya ultimatum dari pasukan Inggris untuk mengosongkan Bandung sebagai markas strategis militer membuat rakyat melakukan perlawanan.

Ketidakseimbangan jumlah tentara Indonesia dan sekutu, membuat tentara Indonesia merancang operasi "Bumi Hangus". Kolonel Abdul Haris Nasoetion selaku Komandan Divisi III TRI memerintahkan untuk mengevakuasi warga menuju tempat yang lebih aman.

Setelah penduduk meninggalkan kota, segera dilangsungkan operasi "Bumi Hangus", dengan membakar bangunan rumah atau gedung di Bandung. Dalam sekejap, seluruh kota Bandung diselimuti gelapnya asap dan pemadaman listrik. Kondisi tersebut dimanfaatkan tentara Indonesia untuk menyerang NICA secara gerilya.//kmp.im/plus6

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan untuk memandu proses belajar anak.

Sebelum melihat kunci jawaban, siswa harus terlebih dahulu menjawabnya sendiri, setelah itu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

(Tribunnews.com/Isti Prasetya)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas