Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sektor Industri Sambangi Kampus, Kenalkan Pilihan Karier dan Teknologi Tata Udara ke Mahasiswa

Merekrut calon karyawan dari talenta-talenta terbaik kini banyak dilakukan oleh industri manufaktur dengan mendatangi langsung kampus perguruan tinggi

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Sektor Industri Sambangi Kampus, Kenalkan Pilihan Karier dan Teknologi Tata Udara ke Mahasiswa
dok. Daikin
Sesi kuliah tamu Program Goes to Kampus PT Daikin Airconditioning Indonesia berupa pengenalan inovasi dan karierke mahasiswa di Kampus 1 Gedung L Ruang 609 Universitas Tarumanegara, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Merekrut calon karyawan dari talenta-talenta terbaik kini banyak dilakukan oleh industri manufaktur dengan mendatangi langsung sekolah kejuruan hingga ke kampus-kampus.

Melalui kegiatan interaksi langsung, perusahaan berkesempatan memberikan coaching hingga memperkenalkan bidang industri yang digeluti ke mahasiswa. Harapannya, kelak bisa menjadi pilihan karier ketika mereka sudah lulus kuliah.

Strategi ini dijalankan oleh perusahaan produsen tata udara, PT Daikin Airconditioning Indonesia dengan menyambangi kampus Universitas Tarumanegara, Jakarta,  Jumat (19/5/2023) lalu.




Di kesempatan ini mereka memberikan sesi kuliah tamu dan memperkenalkan berbagai inovasi dalam industri solusi tata udara berikut peluang kariernya.

“Menjadi harapan kami, momen ini dapat memberikan gambaran awal kepada mahasiswa terkait industri solusi tata udara. Termasuk inovasi dan sekaligus peluang karier di dalamnya yang bakal berguna saat mereka memasuki fase baru dalam memulai karirnya di dunia kerja nanti,” ujar Kevin Tenggara, Assistant General Manager Sales Development Daikin, dikutip Kamis (25/5/2023).

Kevin menjelaskan, kunjungan ini merupakan bagian dari program tahunan perusahaan bertajuk 'Goes To Campus' yang berjalan simultan mengunjungi berbagai kampus di Indonesia.

"Digagas sebagai bagian upaya perusahaan sebagai pelaku industri pada institusi pendidikan, tujuan utama program ini sendiri lebih menitikberatkan pada perluasan wawasan mahasiswa. Harapannya, dapat menginspirasi peserta didik untuk menciptakan berbagai pengembangan terkait bidang studinya dan disisi lain sekaligus memperkenalkan peluang karir dalam industri solusi tata udara," kata dia.

BERITA TERKAIT

Sesi kuliah tamu di Universitas Tarumanegara diselenggarakan di Kampus 1 Gedung L Ruang 609 diikuti mahasiswa Program Studi Sarjana Teknik Mesin Fakultas Teknik.

Baca juga: Seleksi Mandiri IPB 2023 Sekolah Vokasi: Jadwal, Syarat, dan Ketentuan Pendaftaran

Penyampaian berbagai pokok bahasan pun tak terbatas pada pembahasan teori, namun pula dibuka sesi interaksi bagi pertanyaan, tanggapan dan opini mengenai materi yang disampaikan.

Bahkan dalam sebuah sesi, peserta juga berkesempatan untuk mempraktekkan langsung kerja perhitungan beban panas ruang dalam mendesain tata udara ideal bagi sebuah ruang.

Menggunakan perangkat lunak khusus, peserta langsung mendapat panduan dan pendampingan dari tenaga ahli.

Pada sesi lainnya, peserta juga berkesempatan mendapatkan gambaran terkait meniti karier di perusahaan tersbeut yang disampaikan langsung oleh salah satu staf yang merupakan alumni dari Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Baca juga: Gandeng Jepang dan Korea, UKI Siapkan Lulusan Vokasi Bekerja di Luar Negeri

“Interaksi langsung dengan alumni ini harapannya dapat memberikan gambaran meniti karier di perusahaan kami . Termasuk di dalamnya tantangan dan peluang pengembangan diri,” ujar Kevin Tenggara lagi yang juga merupakan alumni Universitas Tarumanegara, Jakarta.

Kevin menyebut pihaknya akan terus melanjutkan dan memperluas program Goes To Campus ini ke depannya.

Baca juga: Hilirasi Program Sekolah Vokasi, AHM Bina 30 Bengkel Anak Muda Lulusan SMK 

Bahkan, menurutnya lagi, pihaknya pun menyiapkan berbagai program sejenis untuk memperkuat kontribusinya pada dunia pendidikan di Indonesia khususnya terkait solusi tata udara yang menjadi keahlian perusahaan.

“Menjadi kewajiban kami untuk lebih mengambil tanggung jawab dalam pengembangan masyarakat Indonesia baik melalui bidang pendidikan maupun lainnya,” kata dia. (*/)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas