Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jawaban, Bagaimana Anda Menjalankan Peran sebagai Pendidik dalam Kegiatan Pembelajaran? Soal PMM

Berikut contoh jawaban bagaimana Anda menjalankan peran Anda sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid? Soal PMM 2024.

Penulis: Nurkhasanah
Editor: Nuryanti
zoom-in Jawaban, Bagaimana Anda Menjalankan Peran sebagai Pendidik dalam Kegiatan Pembelajaran? Soal PMM
Tribunnews
Berikut contoh jawaban bagaimana Anda menjalankan peran Anda sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid? Soal PMM 2024. 

TRIBUNNEWS.COM - Bagaimana Anda menjalankan peran Anda sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid? Berikut contoh jawabannya.

Bapak/Ibu Guru mungkin menemukan pertanyaan di atas ketika mengisi modul pelatihan mandiri bertema Implementasi P5 di Platform Merdeka Mengajar (PMM) tahun 2024.

Mengutip laman Ruang Kolaborasi Kemdikbud, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu sarana pencapaian profil pelajar Pancasila yang diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk 'mengalami pengetahuan' sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Peran tenaga pendidik, dalam hal ini guru, sangat penting dalam keberhasilan P5.

Sebab, gurulah yang membimbing, mengarahkan, dan menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dalam diri setiap peserta didik.

Artikel ini akan memberikan contoh jawaban soal peran pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan ketika menjawab pertanyaan serupa di PMM.

Pertanyaan:

BERITA REKOMENDASI

Bagaimana Anda menjalankan peran Anda sebagai pendidik dalam kegiatan pembelajaran bersama murid?

Contoh Jawaban:

Sebagai seorang pendidik, peran saya dalam kegiatan pembelajaran bersama murid meliputi beberapa hal sebagai berikut:

  • Pengajar: Saya menyampaikan materi pelajaran dengan jelas dan menarik serta menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memastikan setiap murid dapat memahami materi dengan baik.
  • Fasilitator: Saya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kolaborasi dan diskusi antara murid. Saya memfasilitasi percakapan dan kegiatan yang mendorong pemikiran kritis dan refleksi.
  • Mentor: Saya membimbing murid dalam mengembangkan keterampilan akademik dan kepribadian mereka. Saya memberikan dukungan dan saran yang dibutuhkan untuk membantu murid mencapai potensi terbaik mereka.
  • Motivator: Saya memberikan dorongan kepada murid untuk terus belajar dan berkembang. Saya mengidentifikasi kekuatan murid dan membantu mereka mengatasi tantangan dengan keyakinan.
  • Penilai: Saya mengevaluasi pemahaman dan kemajuan murid secara objektif, juga memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu meningkatkan kinerja mereka.

Dalam setiap interaksi dengan murid, saya berusaha untuk menjadi teladan yang baik dan membangun hubungan yang positif.

Baca juga: Jawaban, Berdasarkan Inspirasi yang Anda Dapatkan, Apa Perubahan Praktik di Ruang Kelas? Soal PMM

Saya juga berusaha untuk tetap terbuka terhadap kebutuhan individual setiap murid dan memodifikasi pendekatan pembelajaran sesuai dengan gaya belajar mereka.

*) Disclaimer: Jawaban di atas hanya digunakan sebagai contoh ketika Bapak/Ibu Guru menghadapi pertanyaan serupa di Platform Merdeka Mengajar. Bapak/Ibu Guru dapat menjawab soal serupa dengan jawaban sesuai dengan kondisi masing-masing.

(Tribunnews.com/Nurkhasanah)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas