Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Manakah dari Nilai-Nilai Guru Penggerak yang Dikuatkan setelah Memahami Teori Pilihan? Jawaban PMM

Manakah dari nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik? Ini contoh jawaban PMM.

Penulis: Yunita Rahmayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Manakah dari Nilai-Nilai Guru Penggerak yang Dikuatkan setelah Memahami Teori Pilihan? Jawaban PMM
Canva/Tribunnews
Manakah dari nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik? Contoh jawaban PMM. 

TRIBUNNEWS.COM - Manakah dari nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik? Berikut ini contoh jawaban soal Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Bapak/Ibu Guru mungkin akan menemukan contoh pertanyaan di atas ketika menjawab soal Tugas B Eksplorasi Konsep pada Modul 1.2 di PMM.

Pada soal tersebut, Bapak/Ibu Guru diminta untuk menulis jawaban sesuai dengan kondisi Bapak/Ibu Guru.

Contoh jawaban di artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan bagi Bapak/Ibu Guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat mengisi PMM.

Dengan PMM, Bapak/Ibu Guru dapat memperoleh referensi mengajar, menyelaraskan pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa, dan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru.

Manakah dari nilai-nilai guru penggerak yang dikuatkan setelah Bapak/Ibu memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik?

Baca juga: Jawaban PMM, Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1 Pemikiran Ki Hajar Dewantara

Jawaban:

Setelah memahami teori pilihan dan motivasi intrinsik, nilai-nilai guru penggerak yang bisa saya kuatkan adalah:

  1. Memberdayakan Siswa:

    Sebagai guru, saya akan mendorong siswa untuk mengambil inisiatif dalam cara belajar dan memahami materi pelajaran sesuai minat mereka.
  2. Meningkatkan Motivasi Intrinsik:

    Sebagai guru, saya akan menciptakan lingkungan yang mendukung motivasi intrinsik siswa, yaitu motivasi dari dalam diri siswa untuk belajar karena keinginan dan minat mereka sendiri.
  3. Mendorong Kemandirian:

    Sebagai guru, saya akan mengembangkan kemandirian siswa dengan memberikan tanggung jawab atas pembelajaran mereka sendiri dan mendorong mereka untuk bertanggung jawab atas hasil belajar mereka.
  4. Memfasilitasi Pilihan:

    Sebagai guru, saya akan memberikan pilihan kepada siswa dalam hal bagaimana mereka menyelesaikan tugas, proyek, atau aktivitas pembelajaran lainnya, sehingga meningkatkan rasa memiliki dan kontrol diri siswa terhadap pembelajaran mereka.
  5. Menghargai Keragaman:

    Sebagai guru, saya akan mengakui bahwa setiap siswa memiliki minat, gaya belajar, dan kebutuhan yang berbeda. Saya akan menyediakan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi minat mereka sendiri dalam konteks pembelajaran.
BERITA TERKAIT

(Tribunnews.com/Yunita Rahmayanti)

Artikel lain terkait Platform Merdeka Mengajar

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas