Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dukung Pencapaian SDGs di Indonesia, Universitas Terbuka Ikut Serta dalam Penilaian UI GreenMetric

Komitmen ini salah satunya diwujudkan dengan keikutsertaan UT secara aktif dalam penilaian UI GreenMetric World University Rankings.

Penulis: Nurfina Fitri Melina
zoom-in Dukung Pencapaian SDGs di Indonesia, Universitas Terbuka Ikut Serta dalam Penilaian UI GreenMetric
Tribunnews/Nurfina
Rektor UT Prof Ojat Darojat saat memberikan sambutan pada 3rd Assessment Meeting Tim UT Green SDGs dan Tim UI GreenMetric yang diselenggarakan di Universitas Terbuka, Kamis (11/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - Universitas Terbuka (UT) terus menunjukkan komitmen serius dalam mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia, yang sekaligus juga menjadi bagian dari langkah UT menuju World Class University (WCU).

Komitmen ini salah satunya diwujudkan dengan keikutsertaan UT secara aktif dalam penilaian UI GreenMetric World University Rankings. Pada tahun 2023, UT berhasil menduduki peringkat ke-46 secara nasional dan ke-513 secara internasional yang juga menunjukkan peningkatan dari tahun sebelumnya. 

Rektor UT Prof Ojat Darojat menjelaskan, keikutsertaan ini menjadi upaya dalam memperkuat kontribusi UT terhadap keberlanjutan dan kelestarian lingkungan. Terlebih, UT juga telah bertransformasi sebagai PTN-BH sejak tahun 2022.




“Pada saat ini kita sedang berupaya seoptimal mungkin agar perguruan tinggi ini semakin hijau, sustain, dan memberikan dampak yang optimal dalam mengedukasi masyarakat,” ujarnya saat memberikan sambutan pada 3rd Assessment Meeting Tim UT Green SDGs dan Tim UI GreenMetric yang diselenggarakan di Universitas Terbuka, Kamis (11/7/2024).

Prof Ojat mengungkapkan, UT juga tengah giat dalam menjalankan transformasi digital sekaligus berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan lewat berbagai program yang telah dilaksanakan UT Pusat maupun di UT Daerah.

Beberapa upaya tersebut termasuk diantaranya pengurangan penggunaan kertas, penanaman pohon langka, pembangunan danau buatan, pengelolaan sampah, pembuatan biopori, penggunaan energi baru terbarukan, hingga pengembangan eco building. 

Baca juga: Ratusan Anak Ikuti Sunatan Massal Dalam Rangka Dies Natalis ke-40 Universitas Terbuka

"Kemitraan dengan UI GreenMetric ini sangat penting bagi UT dalam upaya kami meningkatkan kinerja lingkungan kami dan mencapai target SDGs serta WCU. Kami berharap dapat terus berinovasi dan memperkuat komitmen kami dalam menjaga lingkungan," tambah Prof Ojat.

BERITA TERKAIT

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Prof Dewi Artati Padmo Putri menjelaskan, kehadiran dari tim UI GreenMetric adalah untuk melihat seberapa jauh UT telah mengimplementasikan aspek indikator yang termasuk dalam kriteria penilaian UI GreenMetric.

"Semoga UT terus bisa meningkatkan pemenuhan kriteria dari UI GreenMetric, sehingga bisa memimpin dalam hal pencapaian UI GreenMetric yang merupakan salah satu world class university dalam hal green campus dan SDGs," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Ketua UI GreenMetric Prof. Dr. Riri Fitri Sari turut menyampaikan apresiasi kepada Universitas Terbuka yang telah menyelesaikan asesmen penilaian dari UI GreenMetric.

"Berdasarkan enam indikator UI GreenMetric, UT mendapatkan 3,5 trees. Trees rating ini adalah rating yang sama dengan peringkat yang diberikan kepada hotel berbintang yaitu 1 sampai 5. Nah, UT sudah menjalankan semua indikator dengan baik dan hari ini room for improvementnya juga sedang didiskusikan untuk peningkatan kedepannya," jelasnya.

Baca juga: Kolaborasi Universitas Terbuka dan BTN: Dukung Mahasiswa Gali Pengalaman Kerja di Dunia Perbankan

Adapun diskusi yang dilakukan merupakan kerja sama dalam bentuk pendampingan oleh tim UI GreenMetric, sehingga UT dapat terus memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang peduli lingkungan sekaligus dalam rangka upaya peningkatan capaian UT pada UI GreenMetric 2024.

Prof Riri pun berharap UT dapat memberikan kontribusi yang lebih baik ke depannya, terlebih dengan dukungan dan perhatian yang luar biasa dari pimpinan UT serta tim terkait.

“Tidak banyak universitas di Indonesia yang sudah punya fasilitas yang secanggih dan selengkap UT dan ini adalah harapan besar kita semua bahwa akses pada pendidikan yang berkualitas dan konsep-konsep sustainability itu dapat diterapkan,” ujar Prof. Riri.

Sebagai informasi, UT telah berkomitmen untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan melalui gerakan UT Go Green yang diluncurkan sejak tahun 2010. UT juga telah membentuk tim Gugus Tugas UT Green SDGs untuk mengawal dan mengoordinasikan program-program yang berorientasi pada SDGs sebagaimana tercantum dalam Renstra UTGU 2022-2025.

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas