Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Identifikasi Aktivitas 5.4

Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Identifikasi Aktivitas 5.4, identifikasi tumbuhan berspora dan berbiji.

Penulis: Muhammad Alvian Fakka
Editor: Sri Juliati
zoom-in Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Identifikasi Aktivitas 5.4
Buku IPA Kelas 7 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi
Soal buku IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi - Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Identifikasi Aktivitas 5.4, identifikasi tumbuhan berspora dan berbiji. 

TRIBUNNEWS.COM - Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Identifikasi Aktivitas 5.4, identifikasi tumbuhan berspora dan berbiji.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, terdapat pada Buku Ilmu Pengetahuan Alama Kelas 7 Kurikulum Merdeka Semester 1 untuk SMP/MTs, Bab 5 Karakteristik dan Klasiikasi Makhluk Hidup.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, soal Ayo Identifikasi Aktivitas 5.4, identifikasi tumbuhan berspora dan berbiji.




Kunci jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi Semester 1 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 153 154 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi

Ayo Identifikasi Aktivitas 5.4

Identiikasi Tumbuhan

Ambil 10 jenis tumbuhan yang ada di sekitar rumah atau sekolah. Berilah label setiap spesimen tumbuhan, misalnya tumbuhan A, B, C, D, dan seterusnya. Amati karakteristiknya sesuai kriteria berikut.

BERITA TERKAIT

1. Apakah tumbuhan berspora atau berbiji?

Kunci Jawaban:

  • Tumbuhan A, Kacang Tanag = Berbiji
  • Tumbuhan B, Lumut Daun = Berspora
  • Tumbuhan C, Paku Pakis = Berspora

2. Jika tumbuhannya berspora, apakah terdapat struktur daun muda menggulung? Jika tidak terdapat struktur daun muda menggulung maka termasuk lumut. Akan tetapi, jika terdapat struktur daun muda menggulung maka termasuk paku.

Kunci Jawaban:

Paku pakis

Tumbuhan paku dikenal dengan daunnya tumbuh dari tunas yang menggulung dan memiliki rambut halus. Dapat bereproduksi secara vegetatif dengan pembentukan gemmae dan reproduksi generatif dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina. Tidak menghasilkan bunga dan buah, melainkan spora untuk berkembang biak.

Memiliki sistem pembuluh angkut baik pada akar, batang, dan daun. Tumbuhan paku secara anatomi sudah memiliki pembuluh angkut, yaitu xilem yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar menuju daun untuk proses fotosintesis, dan floem yang berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tubuh tumbuhan. Tumbuhan paku dapat berbentuk pohon yang biasanya tidak bercabang, semak, epifit, tumbuhan merambat, mengapung di air, hidrofit, atau berupa terna dengan rimpang yang menjalar di tanah atau humus.

Baca juga: Kunci Jawaban IPA Kelas 7 Halaman 149 Kurikulum Merdeka Edisi Revisi, Ayo Uji Kemampuan

Lumut daun

Lumut daun atau lumut sejati adalah tumbuhan yang termasuk dalam divisi Bryophyta sensu stricto atau Musci. Tumbuhan “lumut” secara umum biasanya merujuk pada kelompok ini. Tumbuhan ini merupakan tumbuhan tidak berpembuluh dan tumbuhan berspora.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas