Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

UPH Festival 2024 Siapkan Pemimpin Masa Depan, Menggali Potensi, dan Miliki Sikap Kepemimpinan

ONE Universitas Pelita Harapan (UPH) akan mengadakan acara tahunan UPH Festival 2024 yang berlangsung dari 15 - 17 Agustus 2024.

Editor: Brand Creative Writer
zoom-in UPH Festival 2024 Siapkan Pemimpin Masa Depan, Menggali Potensi, dan Miliki Sikap Kepemimpinan
Istimewa
Mengusung tema “A Mind of Excellence”, UPH Festival 2024 menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru untuk menjadi pemimpin masa depan. 

TRIBUNNEWS.COM - Menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, ONE Universitas Pelita Harapan (UPH) akan mengadakan acara tahunan UPH Festival 2024 yang berlangsung dari 15 - 17 Agustus 2024.

Acara ini diadakan di tiga kampus UPH yaitu Lippo Village, Surabaya, dan Medan. Mengusung tema “A Mind of Excellence”, UPH Festival 2024 menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu membawa perubahan, memiliki karakter yang kuat, dan iman yang teguh.

Setiap mahasiswa baru juga akan dibentuk untuk menjadi pemimpin yang transformatif dan bermoral, serta diajarkan untuk bertanggung jawab dalam menggunakan bakat dan anugerah dari Tuhan untuk melayani sesama.




Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak., M. Eng.,Sc selaku Rektor UPH mengatakan, selain untuk menyambut mahasiswa baru, UPH Festival juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mengenal berbagai aspek kehidupan kampus, seperti organisasi mahasiswa, program studi, dan fasilitas yang tersedia.

Berbagai kegiatan dalam festival ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa baru mengembangkan karakter dan soft skills mereka, seperti kepemimpinan, teamwork, dan kreativitas. Rektor UPH juga menyampaikan bahwa UPH Festival selalu mengedepankan nilai-nilai Kristiani agar mahasiswa baru tidak hanya berkembang secara akademis dan profesional, tetapi juga secara spiritual.

Melalui berbagai sesi ibadah, diskusi kelompok rohani, dan kegiatan pelayanan di UPH, mahasiswa baru dapat memperkuat iman dan menjadikan Kristus sebagai pusat dari setiap aspek kehidupan mereka. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen UPH untuk membentuk generasi pemimpin masa depan yang tidak hanya berkompeten, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dalam iman kepada Kristus.

“UPH Festival juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai inti UPH kepada mahasiswa baru, seperti integritas, kasih, dan kebangsaan. Kami berharap, mahasiswa baru akan menjadi agen perubahan positif bagi masyarakat dan membawa manfaat bagi bangsa dan negara,” kata Rektor UPH.

BERITA TERKAIT

Dr. Andry Panjaitan, S.T., M.T., CPHCM., selaku Associate Vice President of Student Development UPH menyatakan hal yang senada dengan Rektor UPH. Ia menekankan bahwa UPH Festival dirancang tidak hanya untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan kerohanian mereka.

Ia menyatakan bahwa berbagai rangkaian kegiatan di UPH Festival dapat membantu mahasiswa baru untuk memperdalam iman mereka. Menurut Dr. Andry, melalui pendekatan holistik ini, mahasiswa baru dapat menjadi individu yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki kedewasaan spiritual yang kuat.

Terkait tema tahun ini, lanjut Dr. Andry, ada lima pesan yang ingin disampaikan kepada mahasiswa baru. Pertama, mendorong mahasiswa baru untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik serta memiliki semangat pantang menyerah dalam menghadapi tantangan proses belajar.

Kedua, UPH mengharapkan mahasiswa baru untuk berpikir kritis dalam menganalisa informasi dan berpikir kreatif dalam mencari solusi inovatif untuk berbagai permasalahan. Ketiga, UPH menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama.

Dalam hal ini, mahasiswa baru didorong untuk bekerja sama dengan sesama mahasiswa, dosen, dan staf UPH untuk mencapai kesuksesan. Keempat, UPH ingin menumbuhkan pemimpin masa depan yang memiliki karakter yang kuat dan integritas yang tinggi.

Terkait hal ini, UPH menyediakan berbagai pelatihan dan mentoring untuk membantu mahasiswa baru mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka. Kelima, UPH mendorong mahasiswa baru agar menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka untuk membantu orang lain dan membuat perubahan positif di dunia, seperti melalui program magang, proyek penelitian, dan kegiatan sukarelawan.

Dr. Andry menambahkan, kegiatan UPH Festival ini juga selaras dengan kebijakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas