Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pilkada Serentak

Pesan Presiden Jokowi Soal Penyelenggaraan Pilkada, Demokratis dan Jaga Disiplin Protokol Kesehatan

Presiden berpesan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mengikuti Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya dilakukan pada hari ini.

Pesan Presiden Jokowi Soal Penyelenggaraan Pilkada, Demokratis dan Jaga Disiplin Protokol Kesehatan
Tangkap layar kanal YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo berpesan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mengikuti Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya dilakukan pada hari ini, Rabu, (9/12/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dalam mengikuti Pilkada 2020 yang pemungutan suaranya dilakukan pada hari ini, Rabu, (9/12/2020).

Hal itu disampaikan Presiden dalam akun instagramnya @jokowi yang dikutip Tribunnews.com.

"Selain harus berjalan demokratis, ada yang tak boleh diabaikan dalam pilkada serentak ini: protokol kesehatan yang harus dipatuhi demi keselamatan dan keamanan kita bersama," kata Presiden.

Baca juga: Fakta-fakta Gibran di Hari Pencoblosan, Dapat Telepon dari Jokowi dan Tampil Sederhana ke TPS

Baca juga: Tak Ada Pemeriksaan Kasus Kerumunan, Hari Ini Polda Metro Fokus Amankan Pilkada Tangsel dan Depok

Menurut Presiden meski telah berpengalaman dalam menggelar Pilkada, namun penyelenggaraan kali ini berbeda. Pesta demokrasi harus digelar di tengah Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia.

Oleh karena itu, agar Pilkada berjalan demokratis dan aman dari penularan Covid-19, masyarakat harus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mempersiapkan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, baik perlengkapan pemungutan suara maupun alat pelindung diri (APD) untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Bandung 2020 saat pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 43 di RT 05 RW 02, Kampung Cilebak, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/12/2020). Pilkada 2020 serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia pada 9 Desember 2020, termasuk di Kabupaten Bandung yang diikuti tiga pasangan calon (paslon), yakni nomor urut 1 Nia Kurnia Agustina-Usman Sayogi, nomor urut 2 Yena Iskandar Ma'soem-Atep Rizal, dan nomor urut 3 Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan. Pelaksanaan Pilkada 2020 yang berlangsung pada masa pandemi Covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mempersiapkan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, baik perlengkapan pemungutan suara maupun alat pelindung diri (APD) untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Bandung 2020 saat pembuatan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 43 di RT 05 RW 02, Kampung Cilebak, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/12/2020). Pilkada 2020 serentak diselenggarakan di seluruh Indonesia pada 9 Desember 2020, termasuk di Kabupaten Bandung yang diikuti tiga pasangan calon (paslon), yakni nomor urut 1 Nia Kurnia Agustina-Usman Sayogi, nomor urut 2 Yena Iskandar Ma'soem-Atep Rizal, dan nomor urut 3 Dadang Supriatna-Syahrul Gunawan. Pelaksanaan Pilkada 2020 yang berlangsung pada masa pandemi Covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Tribun Jabar/Gani Kurniawan (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

"Selamat memilih. Jangan pernah lalai memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan," katanya.

Untuk diketahui Pilkada Serentak 2020 digelar di 270 wilayah di Indonesia yang terdiri dari 9 Provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Karena adanya Pandemi penyelenggaraan Pilkada diundur dari 23 September menjadi 9 Desember 2020.

Pemerintah telah memerintahkan Satgas Penanganan Covid-19 di daerah untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan di TPS.

Ikuti kami di
Penulis: Taufik Ismail
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas