Tribun Podcast

Podcast

Pengganti Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan, dari Minyak Zaitun hingga Minyak Jagung

Terdapat beberapa alternatif sebagai pengganti minyak goreng sawit yang harganya semakin melonjak.

Editor: Delta Lidina Putri
zoom-in Pengganti Minyak Goreng yang Baik untuk Kesehatan, dari Minyak Zaitun hingga Minyak Jagung
TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Pengunjung membeli minyak goreng kemasan di sebuah supermarket di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (18/3/2022). Stok minyak goreng di pasaran kini mulai kembali melimpah seiring dengan dicabutnya aturan harga eceran tertinggi (HET). Pemerintah mencabut HET minyak goreng sejak Rabu (16/3) menyusul adanya kelangkaan barang yang terjadi belakangan ini. Beberapa merk minyak goreng kemasan terkenal pun mulai memenuhi rak-rak supermarket. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM - Simak episode Tribunnews Podcast selengkapnya di Spotify.

Harga minyak goreng mengalami lonjakan drastis setelah pemerintah mencabut peraturan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Setelah mengalami kelangkaan, minyak goreng kembali memenuhi etalase supermarket atau toko, tetapi dengan harga yang tidak seperti sebelumnya.

Terdapat beberapa alternatif sebagai pengganti minyak goreng sawit yang harganya semakin melonjak.

Minyak jagung

Minyak jagung terbuat dari ekstraksi biji jagung yang memiliki kandungan asam lemak jauh lebih rendah dibanding dengan minyak kelapa sawit.

Minyak jagung punya titik asap pada suhu 204 – 213 derajat celcius yang membuat cukup tahan panas serta bisa dijadikan alternatif untuk menggoreng ataupun menumis masakan.

Minyak ini mengandung asam lemak esensial yang baik bagi tubuh, yaitu asam oleat, asam linoleat, dan asam lemak tak jenuh tunggal yang membuat minyak jagung dapat menurunkan kadar kolesterol apabila rutin dikonsumsi.

Asam linoleat yang terkandung dalam minyak jagung juga dapat mempercepat regenerasi sel kulit mati serta meningkatkan transfer oksigen sehingga menutrisi kulit agar tampak sehat.

Minyak kedelai

Halaman
123
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas