Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengusaha Properti: Parlemen Punya Peran Penting Jaga Kepastian Kuota Rumah Subsidi

DPR mempunyai peran penting menjaga kepastian kuota rumah subsidi agar tetap terjaga sesuai kebutuhannya.

Penulis: Sanusi
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pengusaha Properti: Parlemen Punya Peran Penting Jaga Kepastian Kuota Rumah Subsidi
Tribunnews/JEPRIMA
Pembangunan perumahan subsidi di kawasan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Direktur Utama PT Parahyangan Super Abadi Bambang Setiadi menyatakan fungsi anggaran yang dimiliki DPR RI memiliki peran penting untuk menjaga kepastian dan besaran kuota rumah subsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Sehingga anggota legislatif mempunyai peran penting menjaga kepastian kuota rumah subsidi agar tetap terjaga sesuai kebutuhannya.

Sehingga pelaku industri properti khususnya perumahan memiliki kepastian dalam usahanya. Selain itu konsumen rumah subsidi yang ditujukan pada MBR akan memiliki kepastian untuk mendapatkan rumah yang layak huni.




"Masyarakat kita masih banyak yang membutuhkan rumah, kalau ada kepastian kuota tentu saja harapan mereka memiliki rumah dan peluangnya akan lebih besar terwujud," jelas Bambang yang juga Kabid Perizinan dan Pertanahan DPP Apersi (asosiasi pengembang perumahan dan permukiman seluruh Indonesia).

Parlemen punya peran memastikan besaran anggaran yang diperlukan oleh pengembang. Selain, tentu saja berkolaborasi dengan eksekutif, yakni Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR.

Baca juga: Pengembang Properti Komitmen Bantu Pemerintah Realisasikan Target 220 Ribu Unit Rumah Subsidi

"Kami (Apersi) akan menginisiasi agar para legislator turut membantu mengawal besaran kuota rumah subsidi sehingga seluruh pihak akan mendapat faedah," tegas Bambang, Jumat (16/8/2024).

Bagi pemerintah, realisasi rumah subsidi menjadi wujud pengejawantahan Pasal 28 H ayat ( 1) Undang-Undang Dasar 1945 yang memberikan hak kepada setiap orang untuk hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan.

BERITA TERKAIT

"Pemerintah yang memiliki wawasan kebangsaan dan nasionalisme tinggi pasti melaksanakan amanat konstitusi, bukan sebaliknya," tegas Bambang.

Menurutnya, wujud kebangsaan dan nasionalisme itu terukur dari besaran anggaran yang berpihak kepada MBR. "Untuk itu, besaran anggaran atau kuota rumah subsidi jangan dikurangi. Justru kalau bisa ditambah. Contoh, tahun lalu, kuota rumah subsidi setara 229 ribu rumah, kini justru hanya 166 rumah. Ini harus ditambah," harap Bambang.

Manfaat Pembangunan Rumah Subsidi

Manfaat rumah subsidi tak hanya memangkas backlog hunian yang saat ini menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencapai sekitar 9,9 juta unit.

Dalam pembangunan rumah subsidi selalu menggerakkan perekonomian masyarakat yang berujung pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Baca juga: PUPR: Rumah Subsidi untuk MBR Bakal Tersedia di IKN

"Pembangunan rumah subsidi menggairahkan ekonomi masyarakat, baik lokal maupun nasional. Contoh, menyumbang pendapatan asli daerah dan penerimaan pajak pemerintah pusat," tegasnya.

Bahkan, Bambang menjabarkan bahwa penerimaan pajak tersebut sudah ada saat pengembang melakukan pembelian produk-produk material bangunan. "Sumbangsih ini akan terus meningkat manakala pembangunan rumah subsidi terus bergulir dan bertambah," papar Bambang.

Untuk itu, Bambang berharap ada tambahan kuota rumah subsidi menjelang penghujung tahun 2024, mengingat kuota 166 ribu akan segera habis. "Kami berharap tambahan itu bisa menyamai total kuota tahun lalu," tutur Bambang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas