Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Ramadan

Ada Hikmah di Balik Larangan Berpuasa untuk Perempuan Haid, Ini Kajian Medis dan Panduan Ibadahnya

Puasa wajib hukumnya bagi umat muslim yang sudah baliq. Namun, bagi perempuan yang sedang haid, Islam mengaturnya tak bisa berpuasa. Ternyata ada hik

Penulis: Anita K Wardhani
zoom-in Ada Hikmah di Balik Larangan Berpuasa untuk Perempuan Haid, Ini Kajian Medis dan Panduan Ibadahnya
medguidance.com
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM - Puasa wajib hukumnya bagi umat muslim yang sudah baliq. Namun, bagi perempuan yang sedang haid, Islam mengaturnya tak bisa berpuasa. Ternyata ada hikmah di baliknya.

Mengapa Allah SWT melarang perempuan haid untuk berpuasa.

Al hafidz Ibnu Hajar -rahimahullah- mengatakan, “Larangan shalat bagi perempuan haid adalah perkara yang telah jelas karena kesucian dipersyaratkan dalam shalat dan perempuan haid tidak dalam keadaan suci. Adapun puasa tidak dipersyaratkan di dalamnya kesucian maka larangan puasa bagi perempuan haid itu sifatnya adalah ta’abudi (hal yang bersifat ibadah semata-pen) sehingga butuh suatu nash pelarangan berbeda dengan shalat,” (Fathul Bari Syarh hadits no 304).

Jadi, larangan berpuasa bagi perempuan haid ini sifatnya ta’abudi (ibadah semata) yang wallahu a’lam akan hikmah di balik larangan tersebut.

Sebagian ulama mengatakan bahwa larangan ini merupakan bentuk rahmah Allah kepada para perempuan.

Mengapa dianggap rahmat? Ini karena perempuan dalam keadaan lemah ketika haid dan melakukan puasa ketika itu tentu akan menambah kelemahan dan akhirnya akan membahayakan jiwanya.

Jangan pernah sesali apa yang sudah menjadi kodrat kita. Perempuan mengalami haid setiap bulannya, tentu juga demi kebaikannya, terutama bagi masalah kesehatannya.

BERITA REKOMENDASI

Menstruasi menjadi siklus bulanan yang dialami wanita pada usia subur, hal inilah yang menyebabkan wanita pada usia tersebut lazimnya tidak bisa melakukan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Kondisi lingkungan sekitar yang sedang berpuasa umumnya mendukung wanita yang sedang menstruasi untuk tetap melakukan puasa, padahal hal ini sama sekali tidak dianjurkan, lho.

Ya, menstruasi merupakan kondisi kesehatan pada wanita yang kerap dianggap remeh, padahal sama berisikonya dengan saat masa hamil dan menyusui. Kenapa bisa begitu?

Minum air es pada saat menstruasi bisa sebabkan kista?
Minum air es pada saat menstruasi bisa sebabkan kista? (Grid.ID)

Berikut Kajian Medis yang dirangkum dari berbagai sumber

Saat menstruasi ada cukup banyak darah yang dikeluarkan oleh tubuh, hal ini tentu juga membuat berbagai zat gizi dalam tubuh, utamanya zat besi menjadi sangat rendah.

Jika biasanya bahaya yang Anda ketahui hanya seputar tubuh merasa lemas saja, maka sebaiknya Anda pertimbangkan lagi keinginan berpuasa saat melakukan menstruasi.

Mayo Clinic menyebutkan bahwa kekurangan zat besi di tubuh dalam jumlah banyak dan waktu cukup lama akan membuat beberapa kondisi seperti:

Ilustrasi tubuh terasa lemas saat puasa.
Ilustrasi tubuh terasa lemas saat puasa. (1boon)
Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas