Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pedagang Gorengan pun Beralih ke Elpiji 3 Kg

Kasdullah yang merupakan warga Desa Mranggen harus merogok kocek Rp 130 ribu elpiji 12 kg per tabung

zoom-in Pedagang Gorengan pun Beralih ke Elpiji 3 Kg
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang pedagang gas merapikan gas elpiji 3 kg yang sudah habis di Pangkalan Saka Gas, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (1/3). Naiknya harga gas elpiji nonsubsidi 12 kg yang cukup tinggi menjadi Rp 126.500 berdampak pada sebagian masyarakat yang biasa menggunakan gas tersebut memilih menggunakan gas elpiji bersubsidi 3 kg yang harganya Rp 13.500. Seperti yang terjadi di pangkalan ini dalam tiga hari kebelakang, gas elpiji 3 kg cepat habis dan banyak warga yang membeli tabung gas elpiji 3 kg plus isi, namun tidak dilayani karena kuota terbatas. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Alfi M Muhamad

TRIBUNNEWS.COM – Kenaikan harga Liquefied Petroleum Gas atau lebih dikenal dengan Elpiji sejak 1 Januari 2014 membuat beberapa pedagang dan ibu rumah tangga di Kabupaten Demak mengeluh.

Pantauan Tribun Jateng, Sabtu (5/1/2014) siang, pedagang gorengan di Jalan Raya Semarang-Mranggen, Kasdullah (34) satu dari beberapa orang yang merasakan dampaknya. Ia yang semula selalu masak gorengan menggunakan tabung elpiji 12 kg. kini beralih ke tabung elpiji 3 kg karena harganya tidak naik.

"Nyari elpiji 3 kg susah di Pasar Mranggen. Kalau pakai yang 12 kg agak kemahalan. Mau masak untungnya dikit," ujar bapak dua orang anak itu yang beralih ke elpiji 3 kg dalam dua hari terakhir.

Kasdullah yang merupakan warga Desa Mranggen tersebut harus merogok kocek Rp 130 ribu elpiji 12 kg per tabung. "Dua hari yang lalu masih pakai yang 12 kilogram sisa bulan kemarin. Harganya masih Rp 85 ribu tapi sekarang sudah naik Rp 45 ribu," jelasnya.

Kasdullah tidak ingin memakai tabung elpiji 12 kg karena kalau pakai elpiji yang sekarang tak bersubsidi, dia harus menaikkan harga. "Ini ada mendoan, tahu petis, molen, tahu susur, dan pisang goreng. Harganya sama Rp 500 per gorengan. Kalau saya pakai elpiji 12 kg saya harus naikkan harga. Nanti pembeli nggak datang kalau kemahalan," lanjutnya.

BERITA TERKAIT
Tags:
Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas