Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ichsan YL Senang, UN Bukan Lagi Syarat Kelulusan

UN) yang setiap tahun digelar dan selalu mengalami kekacauan dari segi pendistribusiannya, bukan lagi menjadi syarat kelulusan.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Ichsan YL Senang, UN Bukan Lagi Syarat Kelulusan
/Tribun Timur/Muhammad Abdiwan
Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo (kanan), menerima piala bergilir perlombaan desa dan kelurahan tingkat propinsi sulawesi selatan 2011 di Baruga Sigeseri rumah jabatan gubernur sulsel jalan jendral sudirman makassar, senin (22/8/2011). (Tribun Timur/Muhammad Abdiwan) 

Laporan Wartawan Tribun Timur Uming

TRIBUNNEWS.COM,SUNGGUMINASA- Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo kini mengaku senang. Sebab ujian nasional (UN) yang setiap tahun digelar dan selalu mengalami kekacauan dari segi pendistribusiannya, bukan lagi menjadi syarat kelulusan.

“saya sangat berterima kasih atas kebijakan Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan yang sudah meniadakan ujian nasional. Dimana UN tidak dijadikan sebagai persyaratan ujian kelulusan lagi, tapi untuk pemetaan pendidikan,” paparnya disela peresmian pabrik PT Mayora, Jl. Poros Malino, Kecamatan Bontomarannu, Senin (16/11).

Sebelumnya, bupati Gowa dua periode ini, menjadi satu-satunya bupati yang menolak UN dijadikan sebagai persyaratan kelulusan bagi siswa. Terutama mengingat beberapa tahun terakhir, proses UN di Indonesia mengalami kekacauan mulai dari pendistribusian dan soal yang kurang.

Bupati yang sebentar lagi habis masa jabatannya tersebut, bahkan memilih kebijakan program kelas tuntas berkelanjutan dan tidak ada lagi siswa yang tidak lulus sebagai alasan menolak UN.

Kebijakan Ichsan sendiri muncul dari keprihatinan atas banyaknya anak-anak yang putus dan tidak lulus Sekolah. Dan disebabkan tingkat kelulusan ujian nasional yang mencapai 53,74 persen. Menurutnya akan menjadi beban sosial di masa datang.

"Anak-anak kita hanya akan menjadi jongos dinegeri orang, jika mereka hanya tamatan SD. Dan lebih parah tidak memiliki daya saing pada persaingan global,” tambahnya. (Won)

BERITA TERKAIT
Sumber: Tribun Timur
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas