Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

13 Alat Berat Dikerahkan untuk Membuka Jalur Tertutup Longsor di Karangkobar Banjarnegara

Kementerian Pekerjaan Umum sudah mengirim 13 alat berat untuk membuka jalur yang tertutup longsor dari Wanayasa ke Karangkobar di Banjarnegara.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in 13 Alat Berat Dikerahkan untuk Membuka Jalur Tertutup Longsor di Karangkobar Banjarnegara
KOMPAS/HERU SRI KUMORO
Presiden Joko Widodo mendatangi lokasi tanah longsor di Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara, Minggu (14/12/2014). Jokowi meminta kepada petugas dan relawan untuk mengutamakan pencarian korban yang diduga masih tertimbun longsor. KOMPAS/HERU SRI KUMORO 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nurmulia Rekso Purnomo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Pemerintah masih terus berupaya menyingkirkan material longsor yang menimbun ruas jalan Wanayasa-Karangkobar, Banjarnegara, Jawa Tengah, yang tertimbun material longsor sejak Jumat lalu (12/12).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono kepada wartawan di kantor Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (15/12/2014) menuturkan, pihaknya sudah mengirim tiga belas alat berat, membongkar jalur tersebut dari dua arah.

"Jadi dari Wanayasa ke Karangkobar, itu kan yang longsor," katanya.

Sebelumnya masyarakat menggunakan peralatan manual seperti cangkul untuk menyingkirkan material yang menimbun, oleh karena itu pihaknya turun tangan dengan mengirimkan alat-alat berat agar ruas jalan yang tertimbun itu bisa segera difungsikan kembali.

Basuki yang sempat mengunjungi lokasi bencana itu, mengatakan alat-alat berat yang diturunkan kementerian antara lain ekskavator, buldozer dan soffel.

"Nah itu harus pake eksavator supaya bisa (disingkirkan materialnya), dan kita udah bawa kesana untuk membantu," ujarnya.

Kata dia dalam lima hari kedepan ia memprediksi longsoran yang menimbun ruas jalan tersebut, dan setelahnya jalan Wanayasa -Karangkobar bisa dilewati.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas