Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pelindo III Cabang Semarang Merugi Rp 50 Juta per Hari

Pelindo III Cabang Pelabuhan Tanjung Mas Semarang sehari merugi Rp 50 juta setelah operasi bongkar muat dihentikan pihak syahbandar.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Pelindo III Cabang Semarang Merugi Rp 50 Juta per Hari
Tribun Jateng/Muh Radlis
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang terhenti sejak beberapa waktu lalu. Tak ada aktivitas bongkar muat, Jumat (20/11/2015). 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - General Manager Pelindo III Cabang Semarang, Tri Suhardi, mengaku telah mengajukan permohonan izin bongkar muat sesuai surat yang diajukan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Tanjung Mas Semarang ke Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) Jawa Tengah.

Namun izin tersebut tidak keluar dan BPMD meminta PT Pelindo III mengubah akta pendirian perusahaan.

"Sebagai perusahaan milik pemerintah, kami mengikuti apa yang diperintahkan. Ketika mengurus izin ke BPMD, izinnya tidak bisa dikeluarkan. Kami diminta mengubah akte perusahaan," ujar Tri, Jumat (20/11/2015).

Tri mengatakan perubahan akte tersebut adahal hal mustahil dilakukan PT Pelindo III lantaran pembentukan dan operasional PT Pelindo III berlandaskan undang-undang dan peraturan menteri.

"Kalau akte mau dirubah, berarti undang undang dan peraturan menteri juga harus dirubah," kata dia.

Tri menuturkan Pelindo III saat ini menghentikan sementara aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan dalam sehari mereka merugi Rp 50 juta akibat penghentian tersebut.

BERITA TERKAIT

"Belum dari pihak pengusaha pemilik barang, kerugiannya jauh lebih besar. Jujur saya sedih kondisi seperti ini, tapi mau bagaimana lagi," sambung dia.

Sumber: Tribun Jateng
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas