Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aktivitas Gunung Bromo Kian Mengkhawatirkan

Aktivitas vulkanik Gunung Bromo terus meningkat. Bahkan kini skalanya makin luas menyusul mulai dirasakannya hujan abu di sekitar gunung api.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Aktivitas Gunung Bromo Kian Mengkhawatirkan
SURYA/SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
ERUPSI BROMO - Wisatawan berfoto selfie dengan latar bukit teletubies dan abu vulkanik Gunung Bromo di kawasan Jemplang, Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Rabu (9/12/2015). Meski guyuran abu vulkanik menimpa kawasan Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Warga belum terlihat kuatir, malah menganggap erupsi ini merupakan cara Gunung Bromo yang disakralkan sedang memberikan pupuk pada lahan pertanian warga. SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Aktivitas vulkanik Gunung Bromo terus meningkat.

Bahkan kini skalanya makin luas menyusul mulai dirasakannya hujan abu di sekitar gunung api ini. Abu itu beterbangan hingga sudah menyentuh ke Pos PGA Gunung Bromo.

Gunung yang berlokasi di tiga kabupaten di Jatim itu sampai saat ini statusnya masih Siaga. Belum Awas. Namun aktivitasnya kian mengkhawatirkan.

"Ada hujan abu tipis di Pos PGA Bromo," tulis BMKG Juanda, Senin (14/12/2015).

BMKG pukul 07.00 mendapat laporan rutin dari pengamatan satelit. Asap kelabu menebal terus muncul di gunung api tersebut.

Tekanan asap berupa abu vulkanik itu makin kuat sehingga ketinggian asap menembus ketinggian 1.500 meter di atas puncak Bromo atau sekitar 3.829 mdpl.

Cuaca di sekitar gunung api itu cerah mendung, angin tenang, suhu antara 12 - 13 derajat. Kegempaan terlihat gempa tremor amax 3-29 mm dominan 7 mm.

BERITA TERKAIT
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas