Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengenang Jatuhnya AirAsia QZ8501 Digelar Tertutup

Tercatat ada enam warga negara asing yaitu 3 warga negara Korea, 1 Perancis (Co-Pilot), 1 Malaysia dan 1 Singapura.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Mengenang  Jatuhnya AirAsia QZ8501 Digelar Tertutup
Surya/Ahmad Zaimul Haq
Keluarga korban pesawat Air Asia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura membawa bunga mawar putih keluar gedung Mahameru Polda Jatim, Senin (28/12/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Mengenang setahun jatuhnya pesawat Air Asia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura yang jatuh pada, Minggu, 28 Desember 2014 sekitar pukul 06.17 WIB digelar di Gedung Mahameru Polda Jatim, Senin (28/12/2015).

Pesawat jenis Airbus A320-200 yang jatuh setelah lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya itu membawa 155 penumpang terdiri dari 138 orang dewasa, 16 anak-anak, 1 bayi serta 7 orang crew pesawat dengan total 162 orang. Lokasi jatuhnya di perairan sekitar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Sebagian besar penumpang adalah warga negara Indonesia. Tercatat ada enam warga negara asing yaitu 3 warga negara Korea, 1 Perancis (Co-Pilot), 1 Malaysia dan 1 Singapura.




Dari 162 total penumpang dan crew pesawat sekitar 115 jenazah yang dulu sudah dieavakuasi di RS Bhayangkara Polda Jatim.

Sebanyak 111 jenazah berhasil diidentifikasi oleh tim DVI, terdiri dari 99 tubuh dan 12 bagian tubuh juga termasuk satu potongan tubuh yang beberapa waktu lalu teridentifikasi non human atau diduga seekor monyet.

Namun dalam mengenang setahun jatuhnya pesawat Air Asia, digelar secara tertutup. Gedung Mahameru disekat dengan pagar besi setinggi 1,5 meter.

Wartawan tidak diperkenankan masuk sehingga meliput dari luar. Pintu utama gedung dipasang kain warna putih sehingga kegiatan yang ada di dalam tak kelihatan.

BERITA TERKAIT

Namun sekitar pukul 14.00 WIB hujan lebat mengguyur Polda Jatim sehingga wartawan berlarian mencari perlindungan.

Sekitar 15 menit hujan, Kepala Basarnas Marsekal Madya FHB Soelistyo akan keluar sehingga wartawan berusaha mencegat di pintu keluar.

Bersamaan dengan turunnya hujan, wartawan akhirnya bisa masuk ke halaman gedung yang dibatasi pagar besi. Dari celah kaca dan pintu utama yang dibuka petugas karena arus keluar masuk terlihat suasana duka.

Lampu yang menghiasi gedung Mahameru kelihatan redup dan ada penerangan dari lilin. Kebanyakan keluarga korban Air Asia menggenakan baju putih dipadu celana hitam.

Presiden Direktur Air Asia, Sunu Widyatmoko, mengatakan acara ini lebih difokuskan pada kesedihan untuk mengenang keluarga korban Air Asia QZ 8051 yang mengalami kecelakaan setahun lalu.

“Kita tidak membahas kompensasi sama sekali,” ujarnya.

Acara ini diselenggarakan untuk mendoakan keluarga korban yang dicintai. Lantas Sunu menceritakan kegiatan di dalam gedung Mahameru yang dimulai pukul 13.00 WIB.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas