Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PT PAL Buat Kapal Perang Nan Canggih Diekspor ke Filipina

kapal SSV merupakan kapal canggih karya mandiri anak bangsa dan pesanan Kementerian Pertahanan Filipina yang berada di kelas Lloyd Register.

Editor: Sugiyarto
zoom-in PT PAL Buat Kapal Perang Nan Canggih Diekspor ke Filipina
antara/zabur karuru
Petugas mengamati Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR)-1 di Galangan Kapal PT PAL Indonesia saat peluncurannya, di Tanjung Perak, Surabaya, Senin (18/1/2016). Kapal PKR-1 tersebut merupakan kapal canggih kelas frigate yang dibangun PT PAL untuk Kementrian Pertahanan, yang diharapakan dapat memperkuat alutsista kemaritiman Indonesia. 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA – Sudah saatnya Indonesia menguasai pasar kapal, khususnya kawasan Asia, sebab mampu membuat dan mengeskpor kapal perang canggih ke Filipina.

"Hari ini bersejarah bagi bangsa ini, sebab pertama kali melakukan ekspor kapal perang. Ini merupakan prestasi terhebat PT PAL Indonesia, kita ikut bangga," ucap Menko Maritim Rizal Ramli saat peluncuran dua kapal perang di Galangan Kapal PT PAL Indonesia, Kawasan Tanjung Perak, Surabaya, Jatim, Senin (18/1/2016).

Ia menegaskan, bangsa ini harus menjadi bangsa pemenang, dan bukan bangsa yang selalu kalah, sebab telah memiliki keunggulan dalam industri perkapalan.

"Dulu raja di bisnis perkapan adalah Jepang, kemudian pindah ke Korea. Karena mahal biaya pembuatan dan asuransinya, saat ini sudah mulai pindah ke Vietnam dan Indonesia," tuturnya.

Meski demikian, Rizal mengaku bangsa ini masih perlu melakukan kerja sama teknologi dan manajemen, seperti yang dilakukan PT PAL Indonesia yang melakukan dengan perusahaan galangan kapal DSNS Belanda.

Sebelumnya, PT PAL Indonesia meluncurkan dua kapal perang, yakni Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR)-1 dan Kapal Perang "Strategic Sealift Vessel" (SSV)-1.

Kapal PKR merupakan pesanan Kementerian Pertahanan RI, dan kapal canggih kelas Frigate yang dibangun PT PAL dengan kerja sama perusahaan kapal DSNS Belanda melalui transfer teknologi.

BERITA TERKAIT

Sedangkan kapal SSV merupakan kapal canggih karya mandiri anak bangsa dan pesanan Kementerian Pertahanan Filipina yang berada di kelas Lloyd Register.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas