Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keluarga Elia: Orangutan Boy Panamuan Sudah Kayak Anak Sendiri

Isak tangis keluarga Elia Natalia pecah saat melepaskan Boy Panamuan, orangutan berusia dua tahun, kepada BKSDA Kalimantan Barat.

Editor: Y Gustaman
Tribun Pontianak/Destriyadi Yunas Jumasani
Detik-detik orangutan Boy Panamuan saat dibawa petugas BKSDA Kalimantan Barat dari rumah keluarga Elia Natalaia di Gang Budaya, Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kamis (21/1/2016) siang. Sebelum dilepasliarkan, Boy akan lebih dulu direhabilitasi.
Tribun Pontianak/Destriyadi Yunas Jumasani
Orangutan Boy Panamuan tampak manja dengan seorang warga sebelum dibawa petugas BKSDA Kalimantan Barat dari rumah keluarga Elia Natalia di Gang Budaya, Sungai Ambawang, Kabuoaten Kubu Raya, Kamis (21/1/2016) siang. Boy akan direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitat asalnya.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Hadi Sudirmansyah

TRIBUNNEWS.COM, KUBU RAYA - Isak tangis keluarga Elia Natalia saat melepaskan Boy Panamuan, orangutan berusia dua tahun, kepada BKSDA Kalimantan Barat untuk dikembalikan ke habitat asal.

Hewan primata yang ditemukan pada 2013 silam di kawasan hutan di daerah Wajok, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, sudah dianggap anak kandung bagi keluarga Elia.

Boy diberi makan tak ubahnya bayi bayi manusia, bahkan sebelum diserahkan ke BKSDA Kalbar, Elia sempat menyuapkan bubur buatannya untuk Boy.

"Kami sekeluarga memeliharanya layaknya anak manusia. Boy diberi lampin dan diberi minum susu," kata Elia di rumahnya di Gang Budaya, Sungai Ambawang, Kubu Raya, Kamis (21/1/2016).

Kepala BKSDA Kalbar, Sustyo Iriyono, mengapresiasi keluarga Elia secara sukarela menyerahkan orangutan yang telah mereka pelihara dan rawat selama dua tahun.

Menutur dia, orangutan tersebut rencananya pada Jumat, 22 Januari akan dibawa ke Kabupaten Ketapang, untuk menjalani rehabilitasi sebelum dilepasliarkan.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas