Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ternyata Anggota Gafatar Jambi Sudah Ajukan Pindah Domisili ke Gayong Sejak Juni

Sejauh ini baru 29 orang dari Jambi, terdiri dari 7 KK yang terdeteksi tergabung dalam kelompok pengungsian Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Penulis: Dedi Nurdin
Editor: Sugiyarto
zoom-in Ternyata Anggota Gafatar Jambi Sudah Ajukan Pindah Domisili ke Gayong Sejak Juni
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Anggota Gafatar Dipulangkan ke daerah masing-masing 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Dedi Nurdin

TRIBUNNEWS.COM, JAMBI - Sejauh ini baru 29 orang dari Jambi, terdiri dari 7 KK yang terdeteksi tergabung dalam kelompok pengungsian Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

Disampaikan Kabid Penanganan Konflik Kesbangpol provinsi Jambi, Sigit Ekoyuwono.

Terungkapnya keberadaan anggota gafatar asal jambi ini setelah adanya laporan DPRD dan Dukcapil Kabupaten Gayong Utara saat melakukan kunjungan ke Kota Jambi beberapa waktu lalu.

Dari laporan tersebut diketahui bahwa sejak Juni 2015 lalu sudah ada pengajuan pindah domisili dari beberapa anggota keluarga yang tergabung dalam Gafatar.

Mereka mengajukan pindah domisili dari kota Jambi ke Kabupaten Gayong, Kalimantan Barat.

"Di Dukcapil memang pernah mereka mengajukan pindah domisili, tapi alasannya waktu itu belum di ketahui. Karena tidak sampai ke situ pemeriksaan dari Dukcapil Kota Jambi,"kata Sigit, Selasa (26/1/2016).

BERITA TERKAIT

Selanjutnya pihak Kesbangpol bersama dengan Dinsosnakertras Provinsi Jambi akan melakukan pendataan terkait adanya kemungkinan warga Provinsi di perkampungan Gafatar.

"Informasi terakhir, 29 orang ini sedang dievakuasi dari Gayong menuju pengungsian di Pontianak, siang ini kita berangkat ke sana,"kata Sigit.

Terkait rencana pemulangan hingga ke Jambi, pihak Kesbangpol belum dapat memastikan dan baru akan ditentukan jika sudah ada kejelasan pendataan.

"Ini baru yang di Gayong, kita belum tau yang di Mempawa ada atau tidak warga Jambi,"kata Sigit.

Sejak Juni 2015 lalu, informasi yang di himpun pihak Kesbangpol sudah ada tiga gelombang pemberangkatan warga Jambi ke Pontianak.

"Kita fokus misi kemanusiaan dulu, bagai mana mereka bisa kita pulangkan. Dari 7 KK satu keluarga diantaranya ketua DPD Gafatar Jambi, Abdi Ardiansyah,"ungkap Sigit.

Sumber: Tribun Jambi
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas