Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Polisi Amankan Ratusan Pengunjuk Rasa di Tugu Pal Putih Yogyakarta

Polresta Yogyakarta mengamankan ratusan pengunjuk rasa dari Solidaritas Perjuangan Demokrasi yang hendak berunjuk rasa di Tugu Pal Putih.

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Y Gustaman
zoom-in Polisi Amankan Ratusan Pengunjuk Rasa di Tugu Pal Putih Yogyakarta
Tribun Jogja/Khaerur Reza
Kapolresta Yogyakarta, Kombes Prihartono Eling Lelakon, hadir di sela pengamanan unjuk rasa di Tugu Pal Putih, Yogyakarta, Selasa (23/2/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Ratusan pengunjuk rasa Solidaritas Perjuangan Demokrasi di lapangan parkir McDonald's di Jalan Sudirman, Yogyakarta, Selasa (23/2/2016).

Rencananya mereka akan berunjuk rasa di Tugu Pal Putih Yogyakarta. Sementara ada pengunjuk rasa dari kelompok lain juga hendak berorasi di tempat yang sama, tapi keduanya membawa isu berbeda.

Kapolresta Yogyakarta, Kombes Prihartono Eling Lelakon, mengatakan sengaja mengamankan kelompok massa pertama untuk menghindari gesekan dengan kelompok massa kedua.

Massa Solidaritas Perjuangan Demokrasi mengajukan izin kepada pihak kepolisian pada Senin (22/2/2016), sementara massa lainnya mengajukan izin sejak seminggu lalu.

"Mereka juga tidak ada koordinatornya. Ada nomor koordinatornya tapi tidak bisa dihubungi. Mbaknya yang tadi mediasi juga bukan koordinatornya. Siapa penanggung jawab, masak tidak ada kejelasan siapa bertanggung jawab?" urai Hartono di sela melakukan pengamanan.

Menurut Undang-Unang No 9 tahun 1998 tentang penyampaian pendapat di depan umum harus ada penanggung jawab agar kegiatan berlangsung aman.

BERITA TERKAIT

"Boleh menyampaikan aspirasi tapi harus menjaga kondusifitas. Permasalahannya mereka tidak kooperatif," tambah Prihartono.

Seandainya mereka kooperatif, misalnya, mau menggeser harinya menjadi besok tentu kepolisian akan mempersilakan dan menjaga kemanan mereka.

Unjuk rasa sempat memanas karena saling dorong antara massa aksi dengan pihak kepolisian. Polisi juga sempat mengamankan beberapa orang yang diduga menjadi provokator.

Sumber: Tribun Jogja
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas