Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dua Calon Haji Asal Tasikmalaya Mengundurkan Diri

Satu pasangan suami istri berusia 60 tahun mengundurkan diri sebagai anggota jemaah calon haji Kota Tasikmalaya untuk pemberangkatan musim haji 2016.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Dua Calon Haji Asal Tasikmalaya Mengundurkan Diri
AFP/FAYEZ NURELDINE
Ratusan ribu jemaah haji melaksanakan shalat Ashar, saat seratusan jamaah yang mengalami cacat tubuh mengelilingi Kakbah melalui jembatan yang dibangun khusus untuk para penyandang cacat di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Selasa (8/10/2013). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, ⁠⁠⁠Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.CO.ID, TASIKMALAYA  - Satu pasangan suami istri mengundurkan diri sebagai anggota jemaah calon haji Kota Tasikmalaya untuk pemberangkatan musim haji 2016.

Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Asep Marwan, mengatakan ke 558 calon anggota jemaah haji asal Kota Santri ini akan diberangkatkan dalam kelompok terbang 24 JKS sebanyak 444 orang pada 17 Agustus dan kelompok terbang 67 JKS sebanyak 117 orang berangkat pada 3 September.

"Kami mengimbau seluruh calhaj mulai mempersiapkan fisik secara baik. Dari sekarang harus menjaga kesehatan,  mengonsumsi makanan sehat serta cukup berolah raga. Sehingga saat diberangkatkan nanti tidak hanya mental tapi kondisi badan juga sudah siap," kata Asep, Selasa (2/8/2016).

Dua anggota calon jemaah haji yang batal berangkat berusia di atas 60 tahun. Sebenarnya hanya satu tidak memungkinkan untuk berangkat, tapi satu lainnya ikut memutuskan tidak berangkat. Keduanya memilih berangkat 2017.

Menurut Asep, pengganti dua anggota calon jemaah haji sudah diajukan, berdasarkan nomor urut porsi keberangkatan, ke Kementerian Agama Republik Indonesia melalui Kantor Wilayah Kemenag Jawa Barat.

"Soal siapa nantinya yang ditetapkan sebagai calhaj pengganti, itu menjadi wewenang Kemenag pusat buka kami," sambung Asep.

BERITA TERKAIT

Dia menambahkan daftar tunggu calon anggota jemaah haji Kota Tasikmalaya saat ini hingga tahun 2021. Jika 2016 ini kuota haji normal kembali seiring selesainya rehab Masjidil Haram maka daftar tunggu akan berkurang seiring bertambahnya kuota pemberangkatan.

"Mudah-mudahan tahun ini sudah selesai. Sehingga kuota haji akan normal kembali jumlahnya. Selama perbaikan Masjidil Haram ada pengurangan kuota hingga 20 persen," imbuh Asep.

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas