Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Orangtua Bercerita Detik-detik Ivan Sebelum Meledakkan Diri di Gereja

Makmur Hasugian terus menangis saat menceritakan tindakan anaknya, IAH, melakukan teror di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep.

Penulis: Array Anarcho
Editor: Y Gustaman
zoom-in Orangtua Bercerita Detik-detik Ivan Sebelum Meledakkan Diri di Gereja
Tribun Medan/Array A Argus
Makmur Hasugian (batik biru) dan istrinya Arista (kerudung biru) menyampaikan permohonan maaf kepada warga Indonesia atas perbuatan anaknya, IAH, di Gedung Peradi Medan, Jalan Sei Rokan, Kamis (1/9/2016). TRIBUN MEDAN/ARRAY A ARGUS 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Makmur Hasugian terus menangis saat menceritakan tindakan anaknya, IAH , melakukan teror di Gereja Katolik Stasi Santo Yosep.

Baru saja pastor Albert S Pandiangan membacakan homili kepada umat saat misa pagi, Minggu (28/8/2016), IAH beranjak dari kursi umat, mendekati altar membawa golok yang diarahkan ke pastor Albert. Sementara dari dalam tasnya keluar percikan api.

"Sebelum kejadian itu saya masih tidur. Saat terbangun, istri saya bilang kalau IAH pamit pergi ke Indomaret sekitar jam tujuh pagi," kata Hasugian di Gedung Peradi Medan, Kamis (1/9/2016) siang.

Menurut istri Makmur, Arista beru Purba, IAH keluar hendak mengunduh game untuk keponakannya. Setelah itu IAH berencana memperbaiki resleting tasnya yang rusak.

"Di Indomaret itu katanya ada Wi-fi. Dia keluar membawa tas, tapi kami enggak tahu isinya apa," cerita Hasugian yang juga pengacara.

Tak lama berselang, Hasugian mendapat kabar anaknya berupaya melakukan bom bunuh diri. IAH turut menyerang pastor Albert yang tengah memimpin misa.

BERITA TERKAIT

"Enggak menyangka saya. Selama ini, dia itu tidak pernah menunjukkan gelagat yang aneh," ungkap Makmur ditemani istrinya.

Keduanya terus menangis ketika di depan wartawan menyampaikan maaf atas perbuatan anaknya, khususnya kepada warga Medan dan umumnya rakyat Indonesia.

Sesuai rekomendasi Dewan Pers, berita ini telah dikoreksi pada 18 Desember 2023 dengan mempertimbangkan kewajiban perlindungan terhadap anak

Sumber: Tribun Medan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas