Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Komitmen Mitsui Sumitomo Rehabilitasi Suaka Margasatwa Paliyan

Mitsui Sumitomo melanjutkan komitmen penyelamatan lingkungan dengan memperbarui Nota Kesepahaman Rehabilitasi Paliyan

Editor: Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyelamatan lingkungan hidup beserta flora dan fauna yang ada di dalamnya membutuhkan keseriusan semua pihak, mulai dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), instansi pemerintah hingga korporasi.

Semuanya berkepentingan terhadap kelestarian lingkungan demi kelangsungan hidup yang nyaman bagi generasi saat ini dan terlebih lagi untuk generasi mendatang.

Kesadaran inilah yang membuat Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd melanjutkan komitmen penyelamatan lingkungan dengan memperbarui Nota Kesepahaman Rehabilitasi Suaka Margasatwa (SM) Paliyan, Gunung Kidul, Provinsi Daaerah Istimewa Yogyakarta, Senin (3/10).

Proyek ini dilaksanakan di SM Paliyan, dengan area seluas lebih dari 430 hektar meliputi 4 desa dengan 18 dusun.

Direktur Senior Eksekutif Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd, Takashi Kuroda, mengatakan, proyek rehabilitasi ini sebenarnya sudah berlangsung sejak 2005 yang terbagi dalam tiga tahap.

Tahap Pertama dilaksanakan selama 6 tahun dimulai pada tahun 2005 hingga 2011.

Kemudian, lanjut dia, proyek tahap kedua berlangsung hingga 2016, dan sekarang merupakan penandatanganan proyek rehabilitasi tahap ketiga yang berlangsung selama 5 tahun hingga 2021.

BERITA REKOMENDASI

Penandatangan nota kesepakatan ini sekaligus membuktikan keseriusan komitmen MSIG dalam proyek penyelamatan lingkungan di Suaka Margasatwa (SM) Paliyan.

"Kami memahami pentingnya penyelamatan lingkungan di seluruh dunia, dan lewat proyek rehabilitasi Suaka Margasatwa (SM) Paliyan ini kami mendukung kebijakan rehabilitasi hutan dan lahan yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia," papar Takashi Kuroda, dalam siaran pers, Rabu (5/10/2016).

Sejak proyek rehabilitasi ini dimulai pada tahun 2005, lanjut dia, beragam jenis tanaman buah dan jenis pepohonan lain dibudidayakan dengan melibatkan masyarakat sekitar.

"Hasilnya, lereng di kawasan hutan lindung Paliyan kini berangsur hijau. Masyarakat yang dilibatkan dalam pemeliharan hutan lindung ini pun bisa menikmati hasil dari tanaman buah tersebut," tambah dia.

Selain dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, kata Takashi Kuroda, fungsi tanaman buah di hutan juga dimaksudkan untuk persediaan pakan bagi berbagai satwa yang dilindungi di suaka margasatwa ini, sehingga keberadaan satwa ini tidak mengusik lahan pekarangan penduduk.

"Saat ini beberapa hewan primata dan unggas pun sudah kembali terlihat di Suaka Margasatwa Paliyan, seperti monyet ekor panjang dan burung elang bido," paparnya.

Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam program rehabilitasi Suaka Margasatwa (SM) Paliyan tersebut di antaranya sosialisasi program yang dilakukan di desa sekitar SM Paliyan, pembangunan tempat persemaian, penanaman, pemeliharaan tanaman, peninjauan tanaman hingga pendidikan lingkungan hidup.

Selain itu, juga dilakukan program donasi oleh PT Asuransi MSIG Indonesia selaku anak perusahaan dari Mitsui Sumitomo Insurance Co Ltd untuk 12 sekolah di sekitar SM Paliyan berupa pembinaan dan bantuan alat-alat pendukung kegiatan belajar mengajar.

"Bantuan kepada sekolah ini menjadi bagian menyeluruh dari program rehabilitasi Suaka Margasatwa Paliyan untuk edukasi lingkungan serta mempererat hubungan pengelola dengan masyarakat sekitar," tutur Takashi Kuroda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas