Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyanyi Jepang Lantunkan Indonesia Raya di Perayaan Ultah Kaisar Akihito

Perayaan ulang tahun Kaisar Akihito di Ballroom Hotel JW Marriott Surabaya, Kamis (8/12/2016) kedatangan tamu ‘Onigiro’.

Editor: Y Gustaman
zoom-in Penyanyi Jepang Lantunkan Indonesia Raya di Perayaan Ultah Kaisar Akihito
Surya/Achmad Pramudito
Hiroaki Kato menyanyi di acara perayaan ulang tahun ke-83 Kaisar Akihito di Hotel JW Marriott Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/12/2016) malam. SURYA/ACHMAD PRAMUDITO 

Laporan Wartawan Surya, Achmad Pramudito

SURYA.CO.ID, SURABAYA - Perayaan ulang tahun Kaisar Akihito di Ballroom Hotel JW Marriott Surabaya, Kamis (8/12/2016) kedatangan tamu ‘Onigiro’.

Menu khas Jepang ini berupa nasi kepal yang dibuat dari beras yang langsung didatangkan khusus dari Jepang. Onigiri melengkapi hidangan tempura dan sushi yang sudah akrab di lidah orang Surabaya.

Perayaan ulang tahun Kaisar Akihito di Surabaya kian meriah dengan hadirnya Hiroaki Kato, musisi, presenter, dan penyiar radio.

Kato tampil menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama para tamu undangan, termasuk Gubernur Jawa Timur H Soekarwo dan Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato.

Lagu Indonesia itu dinyanyikan Hiroaki setelah membawakan Kimigayo, lagu kebangsaan Negeri Matahari Terbit tersebut. Di puncak perayaan ada acara bersulang seluruh undangan.

Kato belakangan makin akrab di kalangan masyarakat Indonesia, terutama penikmat musik. Pria ini pernah belajar sastra Indonesia di Universitas Gajah Mada Yogyakarta selama setahun.

BERITA TERKAIT

Ia juga sempat menerjemahkan syair lagu sejumlah musikus Indonesia ke dalam bahasa Jepang. Beberapa di antaranya Sepatu (Tulus), Laskar Pelangi (Nidji), dan Ruang Rindu (Letto).

Kato yang lahir di Tokyo pada 9 Maret 1983 ini juga menerjemahkan novel Laskar Pelangi ke bahasa Jepang, dan diberi judul ‘Niji no Shounentachi’.

“Awalnya saya suka batik dan gamelan. Sebagai musikus saya sangat tertarik pada alat musik tradisional ini,” beber Kato kepada Surya.

Ditemui di tengah kesibukan menerima permintaan foto bersama oleh para undangan, Kato belakangan juga menggemari kuliner Indonesia.

“Saya suka tempe goreng dan mendoan,” ungkap dia sambil tersenyum.

Ditanya soal obsesinya di dunia musik, presenter acara ‘Indonesia Banget’ ini menegaskan keinginannya menerjemahkan lagu almarhum Benyamin.

“Saya suka lagu Benyamin yang judulnya Hujan Sore-Sore dan Badminton,” kata dia.

Selain Kato, undangan yang hadir di antaranya pejabat Pemprov Jatim, perwakilan negara sahabat, para pengusaha, serta akademisi. Mereka disuguhi hiburan dari Yamaha East Wind Orchestra dan Paduan Suara Bunga Mawar.

“Jatim merupakan wilayah yang aktif di bidang pembelajaran bahasa Jepang,” kata Konsul Jenderal Jepang di Surabaya, Yoshiharu Kato.

Yoshiharu berujar siswa yang belajar bahasa Jepang di Jatim cukup banyak dan tingkat kemampuan bahasa mereka cukup tinggi dibanding wilayah lain di Indonesia.

“Untuk mendukung siswa yang belajar bahasa Jepang tersebut, lebih dari 20 sukarelawan Jepang atau yang disebut Nihongo Partners bergabung di sejumlah SMA dan SMK di Jatim sebagai asisten guru bahasa Jepang,” ucap dia.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas