Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kekurangan Surat Suara Terjadi di Aceh Barat Daya

KIP Abdya tidak memiliki stok surat suara baik untuk calon bupati dan wakil bupati maupun calon gubernur dan wakil gubernur.

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kekurangan Surat Suara Terjadi di Aceh Barat Daya
SERAMBINEWS.COM/ZAINUN YUSUF
Ketua KIP Abdya, Elifiza SH MH, ketika melakukan pengecekan peristiwa kekurangan surat suara calon gubernur dan wakil gubernur Aceh sebanyak 100 lembar di TPS 2 Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie lokasi Lapangan Persada Blangpidie, Rabu (15/2/2017) siang. 

Laporan Serambi Indonesia Zainun Yusuf

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Kekurangan surat suara di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) saat hari pencoblosan, Rabu (15/2/2017), bukan saja untuk calon gubernur dan wakil gubernur Aceh, melainkan juga untuk calon bupati dan wakil bupati Abdya yang terjadi di sejumlah TPS.

Informasi dikumpulkan Serambinews.com, kekurangan surat suara calon bupati dan wakil bupati Abdya secara cukup signifikan terjadi di TPS Desa Padang Kawa, Kecamatan Tangan-Tangan mencapai 200 lembar.

Sementara di TPS Pasar Kota Bahagia, Kecamatan Kuala Batee kekurangan surat suara calon  bupati dan wakil bupati Abdya sebanyak 19 lembar.

Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Abdya, Elfiza SH MH ketika melakukan pengecekan kekurangan surat suara calon gubernur dan wakil gubernur di TPS 2 Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie, Rabu siang.

Ia mengakui terjadi kekurangan surat suara calon bupati dan wakil bupati di TPS Desa Padang Kawa, Tangan-Tangan sebanyak 200 lembar dan di TPS Pasar Kuta Bahagia, Kuala Batee sebanyak 19 lembar.

Kekurangan secara cukup siginifikan itu, katanya sedang diatasi dengan mengumpulkan surat suara cadangan calon bupati dan wakil bupati Abdya di sejumlah TPS sekitar lokasi.

BERITA TERKAIT

Seperti kekurangan surat suara calon gubernur dan wakil gubernur Aceh sebanyak 100 lembar di TPS 2 Desa Keude Siblah lokasi lapangan Persada Blangpidie, sudah teratasi sebanyak  29 lembar, setelah mengambil surat suara cadangan di TPS 1, TPS 3 dan TPS 4 Desa Keude Siblah, selain surat suara cadangan di TPS 2 Keude Siblah sendiri sebanyak 10 lembar.

“Kekurangan sekitar 71 lembar lainnya sedang diusahakan diambil surat cadangan dari TPS lain,” kata Elfiza.

Ketua KIP Abdya itu menjelaskan, kekurangan surat suara yang terjadi di beberapa TPS terpaksa diatasi dengan cara mengumpulkan surat cadangan di beberapa TPS sekitar.

KIP Abdya tidak memiliki stok surat suara baik untuk calon  bupati dan wakil bupati maupun calon gubernur  dan wakil gubernur.

Sebab, KIP Abdya sudah melakuklan pemusnahan surat suara rusak dan berlebih sebanyak 1.093 lembar di Kantor KIP setempat, Selasa (14/2/2017) sore.

Surat yang dimusnahkan itu terdiri 703 surat suara gubernur dan wakil gubernur serta 390 lembar surat suara calon bupati dan wakil bupati Abdya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas