Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyelundupan Ratusan Satwa Dilindungi dari Papua ke Surabaya Berhasil Digagalkan

Jual beli satwa dilindungi kembali terjadi di Surabaya. Terbaru, ratusan satwa dilindungi yang diselundupkan dari Papua digagalkan petugas

Editor: Sugiyarto
zoom-in Penyelundupan Ratusan Satwa Dilindungi dari Papua ke Surabaya Berhasil Digagalkan
surya/fatkhul alami
Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ronny Suseno menunjukkan satwa dilindungi yang diselundupkan dari Papua ke Surabaya dan berhasil digegalkan, Jumat (24/2/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Jual beli satwa dilindungi kembali terjadi di Surabaya.  Terbaru, ratusan satwa dilindungi yang diselundupkan dari Papua digagalkan petugas Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (24/2/2017).

Polisi mengamankan 100 satwa aneka jenis yang dilindungi dari Papua dan dibawa dengan kapal motor.

Sebanyak 100 satwa diamankan, antara lain 40 ekor Bayan, 7 ekor Queen, 8 ekor Gagak, 9 ekor Nuri, 5 ekor Kakatua jambul kuning, 4 ekor Kanguru Walibi, 9 ekor Nuri kepala hitam, 6 ekor burung Cendrawasih, 7 ekor Jagal, 1ekor Kakatua raja, 1 ekor Bimoli, dan 3 ekor Landak.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ronny Suseno menjelaskan, ratusan satwa tersebut diselundupkan melalui jalur laut dari Papua.

Ada dua Kapal Motor (KM) dipakai, yakni Kapal Temas Gulf Mas dan KM Spill Vertikal.

"Satwa-satwa ini dibawa oleh ABK (anak buah kapal) dari Papua dan sudah  ditunggu penadahnya di pelabuhan. Kami menangkap dua ABK dan tiga  penadahnya di pelabuhan," sebut Ronny di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (24/2/2017).

Terbongkarnya penyelundupan satwa dari Papua ke Surabaya, lanjut Ronny, bermula dari informasi KM Temas dengan ABK, WNT yang sedang menungu antrean di Karang Jamuang membawa dan melakukan transaksi satwa dengan penadah di atas kapal.

BERITA TERKAIT

"Kami yang sudah mendapat informasi, melakukan pengecekan di kamar kapal salah satu ABK dan menemukan satwa berbagai jenis yang dilindungi tanpa dilengkapi dokumen," terang Ronny.

Dari KM Temas, polisi mengembangkan temuan ini. Ternyata, ada satwa lain yang sudah masuk ke Pelabuhan Nilam Tanjung Perak yang di bawa KM Spill. Satwa tersebut dibawa olek ABK, ATN.

Rony menuturkan, ada lima tersangka yang terlibat dalam penyelundupan ratusan satwa dilindungi ini. Selain dua ABK kapal, WNT dan dan ATN, polisi juga menangkap tiga penadah satwa, yakni AJL, SBR dan HLM.

"Satwa-satwa dilindungi ini akan diperdagangkan di wailayah Surabaya dan sudah ditungu penadahnya. Sementara lima terangka dan kami terus mengembangkan kasus ini," tutur Rony.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Ardian Satrio menambahkan, KM Temas dan Spill ternyata bukan baru kali ini ditemukan membawa satwa dilindungi.

KM Temas sudah enam kali, sedangkan Spill sebanyak tujuh kali.

"Kami terus mendalami kasus ini dan mengembangkannya. Satwa-satwa yang kami amankan merupakan hewan yang dilindungi dan diselundupkan dari Papua ke Surabaya," ucap Ardian.

Atas tindak kejahatan ini, polisi menjerat kelima tersangka UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosisitimnya.

Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas