Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ini Dia Bule yang Pertama Sebut Citarum Sungai Terkotor di Dunia

Gary bersama saudaranya Sam Bencheghib (20) membuat perahu dari 300 botol dan bambu demi mengarungi sungai Citarum yang kotor.

Ini Dia Bule yang Pertama Sebut Citarum Sungai Terkotor di Dunia
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Gary Bencheghib (23) orang pertama yang memviralkan Citarum, sebagai sungai terkotor di dunia, ikut hadir dalam pencanangan Citarum Harum bersama presiden RI Joko Widodo di Situ Cisanti, Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, KERTASARI - Gary Bencheghib (23) orang pertama yang memviralkan Citarum, sebagai sungai terkotor di dunia, ikut hadir dalam pencanangan Citarum Harum bersama presiden RI Joko Widodo di Situ Cisanti, Kertasari, Kabupaten Bandung, Kamis (22/2/2018).

Gary sempat menjadi pembicaraan publik setelah film pendeknya tentang sungai Citarum yang kotor dia unggah di akun facebook pribadinya viral.

Gary bersama saudaranya Sam Bencheghib (20) membuat perahu dari 300 botol dan bambu demi mengarungi sungai Citarum yang kotor.

"Waktu itu kami naik dari Majalaya sampai ke Pantai Bahagia Bekasi lewat Laut Jawa. Untuk edukasi kami banyak bikin film pendek selama dua minggu yang kami buat dan kami upload di facebook, hingga viral banget, ada 3 juta orang yang lihat," tuturnya di Situ Cisanti.

Menurutnya kondisi sungai Citarum waktu itu sangat kotor. Terdapat banyak limbah plastik dan air limbah dari pabrik industri. Limbah tersebut sampai berwarna merah, biru dan hijau serta mengeluarkan bau yang sangat menyengat.

Baca: Dua Pelaku Penganiayaan Anak di Bawah Umur Diamankan Polres Sumedang

"Sebanyak 67 persen sungai kotor akibat limbah tekstil. Dari Majalaya hingga Bojongsoang itu sangat kotor," ujar pria bule asal Prancis ini.

Waktu itu Gary mengaku sampai mengalami sakit pernafasan hingga 1,5 bulan seusai mengarungi Citarum. Sementara sang adik mengalami gatal-gatal setelah jatuh dari perahu botol karena terpapar Limbah Industri di Citarum.

Upaya yang dilakukan dua bersaudara ini membuahkan hasil dan ditanggapi langsung oleh menteri lingkungan hidup, yang berjanji akan segera membersihkan sungai tersebut.

Halaman
12
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas