Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di Hadapan Ribuan Santri di Bangkalan, Gus Ipul Janji Dukung Pendidikan Pesantren

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf menyatakan dukungannya kepada dunia pendidikan di pesantren.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Di Hadapan Ribuan Santri di Bangkalan, Gus Ipul Janji Dukung Pendidikan Pesantren
KOMPAS.com/Achmad Faizal
Gus Ipul 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKALAN - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf menyatakan dukungannya kepada dunia pendidikan di pesantren.

Menurutnya, pesantren telah sukses melahirkan banyak alumnus berkualitas yang masuk di berbagai bidang kehidupan.

Hal ini disampaikan pria yang akrab disapa Gus Ipul ini saat memberikan sambutan pada acara Musyawarah Besar I Eksistensi Alumni di Era Globalisasi Pondok Pesantren Syaichona M Cholil, Demangan Barat, Bangkalan, Minggu (1/4/2018).

Pada awal sambutannya, Gus Ipul menyebut hasil survei tentang perilaku para santri, termasuk alasan bersekolah di pesantren. Satu di antaranya, karena ingin dekat dengan kiai dan pengasuh pesantren.

Hal inilah yang membuat para santri biasanya memiliki etos belajar yang kuat. "Alasan terbesarnya adalah para santri ingin lebih dekat dengan para kiai. Yang dicari adalah Ridho Allah," ujar Gus Ipul di atas podium.

Selain kiai, para santri biasanya juga mempertimbangkan alasan para alumnus di sebuah pesantren. Santri biasanya berharap bisa menjadi suksesor para alumnus.

Ia mencontohkan pesantren Syaichona M Cholil Bangkalan, yang banyak melahirkan alumnus berkualitas.

BERITA REKOMENDASI

"Alumni Syaichona Cholil selalu menjadi orang penting. Ada yang jadi guru ngaji, punya pesantren, jadi panutan di tempat tersebut. Maka alumni-alumi berikutnya harus lebih hebat," ujarnya.

Ia juga memuji kedekatan antara para alumni dengan para santri. Para alumni tak jarang juga banyak memberikan berbagai masukan kepada adik-adiknya.

Ia mencontohkan acara Musyawarah Besar tersebut yang juga menampilkan banyak Produk UMKM dari para alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Ada banyak bazar produk UMKM yang didirikan oleh para alumni. Ada yang dari Modung, Bangkalan, Surabaya, hingga Jakarta."

"Yang ada disini, merupakan hasil ciptaan, kerjasama, hingga binaan para santri dan alumni. Luar biasa," puji Wakil Gubernur Jatim yang saat ini sedang cuti ini.

"Oleh karena itulah, kami berkomitmen untuk terus memperkuat pesantren melalui berbagai program di pemerintah provinsi kedepan," tegasnya.

Di sisi lain, Pesantren Syaichona Kholil Bangkalan kompak memberikan dukungan bagi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 2 ini.

Halaman
12
Sumber: Surya
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas