Tribun

Enam Desa di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Bakal Dikembangkan Menjadi Agrowisata Terpadu

Enam desa di kawasan perbukitan Menoreh masuk dalam konsep Kawasan Perdesaan Agrowisata Menoreh Terpadu.

Editor: Sugiyarto
Enam Desa di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Bakal Dikembangkan Menjadi Agrowisata Terpadu
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Lokasi ini terletak di Perbukitan Menoreh, 35 km dari pusat Kota Yogyakarta 

TRIBUNNEWS.COM, KULONPROGO - Enam desa di kawasan perbukitan Menoreh masuk dalam konsep Kawasan Perdesaan Agrowisata Menoreh Terpadu.

Namun, pengembangan kawasan tersebut masih perlu diperjelas lagi secara kelembagaannya.

Kawasan Perdesaan Agrowisata Menoreh Terpadu berawal dari program Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) tentang rencana pembangunan kawasan perdesaan.

Pada 2016, Kulonprogo menjadi satu di antara kabupaten yang masuk dan didukung dalam program tersebut.

Adapun desa yang dipilih yakni Desa Banjarharjo, Banjaroya, Banjarasri, Banjararum di Kecamatan Kalibawang serta Desa Sidoharjo dan Gerbosari di Kecamatan Samigaluh.

Gerbosari dan Sidoharjo (Samigaluh) dan Banjarasri, Banjarharjo, serta Banjaroya (Kalibawang) akan menjadi desa pengembangan pertanian bunga, khususnya krisan.

Desa Gerbosari didapuk sebagai kawasan pelestarian alam sedangkan Desa Banjararum (Kalibawang) menjadi kawasan pusat pengembangan agropolitan.

"Desa-desa tersebut dinilai memiliki potensi wisata religi, wisata alam dan budaya," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Kulonprogo, Sutrisno, Selasa (3/4/2018).

Menurutnya, dokumen perencanaan sudah diserahkan ke kementerian namun dikembalikan karena belum terdapat penanggungjawab pengelola, biaya pengembangan kawasan dan peraturan bupati tentang penetapan kawasan.

Pihaknya saat ini masih melakukan analisa dan melengkapi dokumen.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas