Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Eks Anggota Negara Islam Indonesia Berkisah Setor 14 M Per Bulan ke Pusat, Ini yang Ia Lakukan

Ken Setiawan adalah eks anggota Negara Islam Indonesia (NII). Ia berbagi kisah mencari uang lalu disetor ke 'ibu kota' sebesar Rp 14 miliar per bulan.

Editor: Sugiyarto
zoom-in Eks Anggota Negara Islam Indonesia Berkisah Setor 14 M Per Bulan ke Pusat, Ini yang Ia Lakukan
TribunSolo.com/Agil Tri
Ken Setiawan, mantan anggota NII sekaligus ketua NII Crisis Center saat wawancara dengan wartawan di hotel best western solobaru, selasa (18/12/2018) 

TRIBUNNEWS.COM, SUKOHARJO - Ken Setiawan adalah eks anggota Negara Islam Indonesia (NII). Ia berbagi kisah mencari uang lalu disetor ke 'ibu kota' sebesar Rp 14 miliar per bulan.

Di Negara Islam Indonesia (NII), Ken bertugas sebagai perekrut NII. Kepada TribunSolo.com, Ken menceritakan awal mula masuk jadi anggota Negara Islam Indonesia (NII) awal 2000.

"Awal tahun 2000 saya ke Jakarta untuk ikut lomba silat, di situ saya ketemu teman saya yang sudah masuk NII, kita ngobrol dan akhirnya saya membatalkan lomba karate untuk ikut NII," kata Ken, Selasa (18/12/2018).

Ken kemudian diberi tugas sebagai perekrut anggota baru NII. Ia menyasar anak muda yang mudah di konspirasi.

"Kita serang sisi psikologinya, jadi metodenya berbeda-beda kepada setiap orang," ungkap Ken.

Ia mengungkap modus perekrutan yang dilakukannnya menggunakan hukum Islam, yang dikorelasikan dengan realita bangsa Indonesia, sehingga seseorang berfikir jika Indonesia bukan negara yang ideal.

"Contohnya seperti ini, hukum Islam minuman keras itu halal atau tidak, kalau tidak mengapa di Indonesia masih menjual minuman keras, itu contoh sederhananya untuk membuat negara kita seolah-olah tidak ideal," terangnya.

BERITA TERKAIT

Dengan pola pikir kaum milenial yang masih labil, dengan logika-logika seperti demikian, anak muda menjadi sasaran empuk untuk dicuci otaknya.

Perekrutan dilakukan tidak hanya di lingkungan masjid. Perekrutan juga dilakukan di tempat umum, seperti tempat makan, cafe, mall, dan sebagainya.

Ken menjelaskan, ciri-ciri orang yang sudah masuk anggota Negara Islam Indonesia (NII) akan adanya perubahan perilaku seperti sering meminta uang kepada orang tuanya, menjual benda berharganya, membohongi orang tuanya supaya mendapat uang, pulang malam karena harus mengikuti bimbingan dari Negara Islam Indonesia (NII), dan susah dihubungi.

"Kalau kalangan mahasiswa paling sering bilang ke orang tuanya laptopnya ilang, menabrakkan mobil atau motor temannya, lalu utangnya banyak karena sering pinjam uang," kata Ken.

Ken menjelaskan, untuk mengubah ideologi bangsa ini membutuhkan banyak uang, yang mana setiap tingkatan akan menyetorkan sejumlah uang ke 'Ibu Kota'.

Ibu kota yang dimaksud bukanlah ibu kota Republik Indonesia di Jakarta, melainkan Ibu Kota NII di Indramayu, Jawa Barat.

"Kalau saya dulu, setiap bulan harus setor sebesar Rp 14 miliar ke Ibu Kota, jadi untuk bisa target uang segitu kami menghalalkan harta orang kafir," terang Ken.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas