Tribun

Dinas Perhubungan Berau Usul Penambahan Panjang Landasan Pacu Bandara Maratua Jadi 2.000 Meter

Dinas Perhubungan Kabupaten Berau mengusulkan penambahan panjang landasan pacu, yang saat ini hanya 1.600 meter, menjadi 2.000 meter.

Editor: Dewi Agustina
Dinas Perhubungan Berau Usul Penambahan Panjang Landasan Pacu Bandara Maratua Jadi 2.000 Meter
Tribun Kaltim
Maskapai penerbangan Nam Air sempat melayani penerbangan charter ke Bandara Maratua, dan menjajaki kemungkinan penerbangan secara reguler. 

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG REDEB - Bandara Maratua hingga kini hanya bisa didarati oleh pesawat jenis ATR, dengan jumlah penumpang yang terbatas.

Padahal bandara yang terletak di pulau terdepan, dan berbatasan dengan negara Malaysia dan Filipina, sekaligus menjadi destiasi wisata yang populer.

Sementara, antusias wisatawan cukup tinggi.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kabupaten Berau mengusulkan penambahan panjang landasan pacu, yang saat ini hanya 1.600 meter, menjadi 2.000 meter.

"Supaya bisa didarati oleh pesawat berbadan lebar, yang bisa mengangkut lebih banyak wisatawan," kata Abdurrahman, Kepala Dinas Perhubungan.

Abdurrahman mengungkapkan, usulan ini pernah diajukan di tahun 2018 lalu, namun belum mendapat respon.

"Tahun 2019 ini, kami mengajukan kembali usulan itu," ungkapnya.

Dia menambahkan, alasan tidak ada respon dari Kementerian Perhubungan, kemungkinan besar karena kendala pembebasan lahan yang diperlukan untuk memperpanjang landasan pacu.

"Karena masyarakat buka harga (menawarkan), dengan harga yang tinggi," jelasnya.

Padahal, kata Abdurrahman, jika masyarakat menjual dengan harga normal, warga Pulau Maratua sendiri akan diuntungkan dengan penambahan landasan pacu itu.

Baca: Cerita di Balik Mundurnya Edy Rahmayadi dari Ketua PSSI di Bali, Kumpulkan Exco & Beri Saran Ini

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas