Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Pentingnya Membangun Jaringan di Era Sosial Media

Pertumbuhan media sosial yang sangat pesat membuat pembaca menjadi bingung dengan informasi yang tersedia dengan mudah.

Pentingnya Membangun Jaringan di Era Sosial Media
Ist/Tribunnews.com
Seminar dan Workshop “Peace Stories for Peace Islamic Society” di Universitas Muhammadiyah Riau, Sabtu (23/2/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Pertumbuhan media sosial yang sangat pesat membuat pembaca menjadi bingung dengan informasi yang tersedia dengan mudah.

Deputi Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera, Jessica Panchatha mengajak masyarakat terutama anak muda untuk menelah informasi yang diterima dan membentuk pandangan yang berdasarkan informasi yang benar.

Menurut Jessica, ada tiga elemen penting yang harus diperhatikan sebelum menyebarkan informasi, terutama melalui media sosial. Ia menyebutkan, tiga hal tersebut di antaranya medium, konten, dan jaringan.

“Anda harus menguasai medium anda, baik itu WhatsApp, Line, website, Twitter,” kata Jessica dalam Seminar dan Workshop “Peace Stories for Peace Islamic Society” di Universitas Muhammadiyah Riau, Sabtu (23/2/2019).

Jessica mengajak peserta seminar dan masyarakat yang menggunakan internet untuk menguasai kanal komunikasi atau teknologi di era sekarang.

“Saat ini adalah era sosial media. Presiden Kennedy terkenal menguasai televisi, Presiden Trump menguasai Twitter,” kata Jessica.

Baca: Jadi Penantian Publik, Kabar Raisa Melahirkan Anak Pertama Beredar Luas di Media Sosial

Terkait dengan konten, ia pun juga menekankan agar memperhatikan isi atau konten dari informasi yang dibagikan kepada publik. Informasi yang dibagikan melalui media sosial akan sangat cepat menyebar kepada pengguna lain.

“Ini sama seperti Anda memilih foto apa saja yang ingin dibagikan di media sosial, Anda hanya membagikan yang menurut Anda bagus. Begitu juga informasi harus yang kredibel,” ujarnya.

Bagi Kedutaan AS, membangun jaringan dengan media massa sangat dibutuhkan.

Kedutaan AS membutuhkan informasi dari media, sebaliknya, media juga membutuhkan informasi dari kedutaan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hasanudin Aco
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas